Jumat, 17 Februari 2017

3 Cara Belajar Menulis Paling Mudah (Hari ke 17 - #30DWCJilid4) #Day48


Belajar menulis itu sebenarnya mudah, kalau kamu tau caranya. Yang membuat belajar menulis sulit adalah karena kamu tak tau caranya. Belajar menulis akan lebih sulit lagi, kalau kamu kebanyakan tanya, kebanyakan mikir dan kebanyakan alasan, sehingga kamu malah lupa untuk praktik menulis. Sesungguhnya rahasia belajar menulis itu mudah banget, yaitu mulailah praktik menulis sekarang juga. *Ayo mulai menulis....



Intinya adalah kalau kamu mau belajar menulis dan menjadi penulis. Ya jangan kebanyakan tanya, karena jika kamu tanya-tanya terus, malah membuat kamu jadi semakin bingung menulis. Jangan kebanyakan mikir, karena semakin dipikir-pikir terus, malah kamu gak mulai-mulai menulis. Jangan juga kebanyakan alasan, karena semakin kamu banyak alasan ini dan itu, malah jadinya kamu semakin malas untuk menulis.



Dan kalau kamu di hari ini sudah mulai praktik menulis, maka langkah selanjutnya adalah mulailah banyak membaca buku-buku yang berkualitas. Tujuannya adalah agar nanti tulisanmu menjadi semakin bagus dan enak dibaca. Bacalah buku-buku best selller karya para penulis yang sudah popular. Dengan membaca tulisan mereka, itu akan membuat kamu mempunyai sudut pandang baru dan juga perbendaharaan kata/kosa kata kamu menjadi semakin banyak.



Oh ya, di hari ini, saya akan share/bagikan 3 cara mudah belajar menulis dan menjadi penulis. Apa saja itu?



3 Cara Belajar Menulis Paling Mudah :



#1. Menulislah Apa Yang Paling Kamu Sukai/Hobi Kamu

Janganlah pernah menulis apa yang tidak kamu suka, karena itu hanya akan membuat kamu tidak bahagia saat menulis, serta lama kelamaan pasti akan membuat kamu bosan menulisnya. Lebih baik , menulislah apa yang paling kamu sukai/hobi kamu. Karena itu akan membuat hati kamu bahagia, saat menulisnya. Dan nantinya ketika menulis, kamu tidak akan cepat bosan, tapi justru kamu menjadi kecanduan menulis.



#2. Menulislah Apa Yang Paling Kamu Kuasai/Keahlian Kamu

Janganlah suka menulis apa yang tidak kamu kuasai, karena nantinya isi tulisanmu akan “garing” alias tidak enak dibaca. Menulis yang tidak sesuai dengan keahlianmu, itu hanya akan membuat kamu jadi sering bingung dan pusing saat menulisnya. Menulislah apa yang paling kamu kuasai/keahlianmu, karena itulah yang akan membuat tulisanmu menjadi lebih “berisi” dan tentu saja tulisanmu akan mengalir indah serta enak dibacanya.



#3. Menulislah Apa Yang Sudah Kamu Alami/Pengalaman Hidup Kamu

Janganlah menulis apa yang belum pernah kamu alami, karena itu akan membuat kamu menjadi sulit menulis. Tulisan yang ditulis oleh orang yang belum berpengalaman/belum mengalami, maka tulisannya biasanya tersendat-sendat dan gak lancar. Oleh karena itu, menulislah apa yang sudah kamu alami/pengalaman hidupmu, karena itu akan membuat tulisanmu menjadi mudah dan terasa lancar saat menulisnya.  


*Selamat menulis...... Salam #VirusMenulis



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Jumat 17 Februari 2017, Jam 21.47 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...