Minggu, 01 Januari 2017

Mulai Menulis di Awal Tahun Baru 2017 #Day1


Taukah kamu, bahwa semua hal yang pertama kali, pasti akan terasa sulit mengerjakannya. Seperti juga dalam hal belajar menulis (baca : menjadi penulis). Jika kamu baru belajar menulis, pasti akan terasa sulit. Sulit menulisnya bukanlah karena kamu tak tau teori menulis yang benar dan baik. Tapi justru karena kamu kebanyakan tau teori menulis, kamu malah jadi kebanyakan mikir dan kamu jadi takut salah menulis. Akhirnya kamu jadi gak berani untuk mulai praktik menulis.  *kapan kamu akan mulai praktik menulis?



Di awal tahun baru ini, adalah saat yang tepat untuk kamu MULAI praktik menulis. Gak usak kebanyakan mikir dan kebanyakan alasan ini dan itu. Mulailah praktik menulis sekarang juga. Karena menunda-nunda untuk praktik menulis, maka besoknya pasti kamu akan semakin malas menulis. Menulislah apa yang paling kamu sukai/hobi kamu , menulislah apa yang paling kamu kuasai/keahlian kamu dan menulislah apa yang sudah kamu alami/pengalaman hidup kamu.



#1. Bingung Menulis

Tapi saya bingung mau menulis apa? ......Menulislah apa yang sedang kamu pikirkan dan kamu rasakan saat ini. Kalau mau menulis, ya menulis saja, gak perlu memikirkan EYD atau tata bahasa yang njelimet dan bikin pusing kepala kamu. Tulis saja sesuka kamu, menulislah secara bebas, dan menulislah dengan gaya tulisanmu sendiri.



#2. Tak Punya Ide Tulisan

Saya tak punya ide tulisan?...... Jangan menunggu ide tulisan datang kepadamu, tapi ciptakanlah ide tulisanmu sendiri. Percayalah, Ide tulisan ada di mana-mana. Apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar , apa yang kamu baca, dan apa yang kamu alami, itu semua adalah bisa menjadi ide tulisanmu.



#3. Tidak Punya Bakat Menulis

Saya tak punya bakat menulis?.......Ingatlah, menulis itu gak perlu bakat. Karena menulis itu adalah sebuah keterampilan. Dan yang namanya keterampilan itu harus dilatih setiap hari. Semakin kamu sering menulis setiap hari, maka lama kelamaan, tulisanmu pasti akan semakin bagus dan enak dibaca. Menulislah setiap hari, menulis dengan hati yang gembira dan bahagia.



#4. Sibuk/Tidak Punya Waktu Menulis

Saya sibuk, saya gak punya waktu menulis?......Sudahlah gak usah kebanyakan alasan lagi untuk mulai praktik menulis. Sibuk itu hanyalah alasan kamu untuk menutupi kemalasanmu dalam menulis. Ingatlah, semua orang hidup di dunia ini diberi jatah waktu yang sama selama satu hari, yaitu 24 jam. Kamu hanya tinggal mengatur waktumu dengan sebaik mungkin. Jangan menunggu waktu luang untuk menulis, tapi luangkanlah waktumu untuk menulis.



“Menjadi seorang PENULIS, bukanlah karena kamu tau banyak teori tentang menulis, tapi karena kamu berani MULAI praktik menulis sekarang juga.” (Dani Kaizen)



*Selamat Menulis........ Salam #VirusMenulis J




Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Minggu 01 Januari 2017, Jam 21.37 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...