Kamis, 08 Desember 2016

7 Penyakit Hati Yang Sebaiknya Kamu Ketahui (Hari ke #8 - #30DWCJilid3)


Pernahkah kamu melihat orang yang religius(rajin beribadah) kepada Tuhan, tapi kepada sesamanya justru sering mencaci-maki dan menghujat? Atau kamu sering melihat orang yang rajin banget sholatnya, tapi dia rajin juga menceritakan keburukan orang lain dan memfitnah orang lain dengan dalih amar makruf nahi mungkar?  Bagaimana mungkin itu bisa terjadi?



Ya, sayapun dulu heran dan gak percaya. Mengapa orang yang terlihat religius, kok akhlak kepada sesamanya begitu buruk dan gak pantas dicontoh. Ternyata oh ternyata, sebabnya adalah ibadah yang mereka kerjakan hanyalah masih sebatas fisik saja. Ibadahnya belum menyentuh hatinya. Mungkin saja fisiknya beribadah, tapi hatinya entah kemana?



Dalam kajian tentang ilmu tasawwuf, yaitu ilmu yang mempelajari tentang HATI. Kalau orang yang rajin beribadah, tapi dia juga rajin berbuat dosa(contohnya masih suka ghibah dan fitnah). Maka mereka itu sudah terkena penyakit yang paling berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena ini bukanlah penyakit fisik seperti pada umumnya, tapi ini adalah “penyakit hati”.



Penyakit hati itu sangat bahaya, sebabnya adalah orang yang terkena penyakit hati tersebut, dia tidak merasa bahwa dia sedang sakit(baca: terkena penyakit hati). Penyakit hati biasanya sangat jelas terlihat oleh orang lain, tapi justru orang yang terkena penyakit hati tidak menyadarinya. Dia akan tau, kalau ada orang lain yang memberitahunya. Dan terkadang kalau diberitahupun, orangnya biasanya malah marah-marah.



Apa saja sih penyakit hati yang sering menyerang orang-orang yang religius/rajin beribadah? Yuk mari kita bahasa bersama-sama, baca saja terus tulisan ini sampai selesai ya.



7 Penyakit Hati Yang Sebaiknya Kamu Ketahui :



#1. Ujub (Merasa Diri Paling........)

#2. Sombong/Takabur

#3. Dengki/Iri Hati

#4. Kebencian Yang Mendalam (Dendam)

#5. Ghibah(menceritakan keburukan orang lain)

#6. Fitnah (menuduh tanpa bukti kepada orang lain)

#7. Riya (pamer ibadah dan kebaikan)



*bersambung......



Penulis : Dani Kaizen
Purbalingga, 08 Desember 2016, Jam 21.33 WIB 

*Sumber gambar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...