Rabu, 07 Desember 2016

7 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kamu Sering Sakit (Hari ke #7 - #30DWCJilid3)


Apakah dalam hidupmu sering sakit? Atau pernah mengalami sakit – sembuh – kemudian sakit lagi? Yaps, Kalau itu yang sedang kamu alami, maka kamu sebaiknya segera instrospeksi diri sendiri. Karena sebenarnya, sakit yang kamu alami, disebabkan oleh “kebiasaan-kebiasaan buruk” yang sering kamu kerjakan, namun tidak pernah kamu sadari. Terkadang walaupun sudah disadari, tetap saja kebiasaan buruknya masih terus dikerjakan.



Janganlah pernah menyalahkan orang lain, kalau kamu sedang sakit. Lebih baik introspeksi diri sendiri dulu, apa saja yang pernah kamu lakukan sebelum sakit? Apa kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih sering kamu lakukan? Jika kamu masih bingung, maka saya ingatkan saja ya, kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering membuat kamu sakit.


7 Kebiasan buruk Yang Membuat Kamu Sering Sakit :


#1. Setiap Hari Berpikir Negatif

Taukah kamu, bahwa sekitar 90% penyakit(baca:sakit) berasal dari pikiran kamu sendiri. Yaitu pikiran-pikiran negatif yang kamu “pelihara” setiap harinya. Pikiran-pikiran negatif ini akan membuat sistem kekebalan tubuhmu menurun dratis. Dan itulah yang akan membuat kamu gampang jatuh sakit. Contoh pikiran negatif adalah terlalu khawatir, ketakutan, kebencian yang mendalam, dengki, irihati, dendam, gampang tersinggung, mudah marah-marah, dll.



#2. Makan/Minumnya Rakus dan Sembarangan

Apa yang kamu makan/minum akan sangat berpengaruh dengan tubuh kamu. Makananan/minuman yang sehat akan membuat tubuh kamu menjadi sehat. Begitupun juga sebaliknya makanan/minuman yang tidak sehat akan membuat tubuh kamu sakit. Contohnya adalah makanan cepat saji/makanan instan dan minuman bersoda/beralkohol. Merokok juga termasuk kebiasaan buruk yang harus kamu stop/hentikan.



#3. Malas Berolahraga

Semua orang sudah tau manfaat berolahraga, tapi hanya sedikit orang yang mempraktikan olahraga tersebut. Kebanyakan hanya pintar menyuruh orang lain untuk olahraga, tapi dirinya sendiri malas untuk berolahraga. Padahal kalau kamu malas berolahraga, itu akan membuat kamu jadi gampang sakit. Ayo berolahragalah, biar kamu gak mudah jatuh sakit. Ingatlah, “mencegah itu lebih baik, daripada mengobati”. Dan salah satu pencegahan dari sakit adalah dengan cara berolahraga.  



#4. Terlalu Sibuk Bekerja Keras (kelelahan/kurang istirahat)

Bekerja keras itu memang baik, untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tapi jangan juga kamu bekerja secara berlebihan. Karena itu akan membuat tubuhmu kelelahan, dan pada akhirnya akan membuat tubuh kamu ambruk(baca : sakit). Istirahatlah, jangan terus-menerus bekerja. Liburlah satu hari dalam satu minggu bekerja, agar tubuh kamu bisa beristirahat memulihkan staminanya.



#5. Terlalu Lama Menganggur (gak punya pekerjaan)

Bekerja keras secara berlebihan dan tanpa istirahat yang cukup akan membuat kamu jadi sakit. Begitupun juga jika kamu terlalu lama menganggur alias tidak mengerjakan suatu pekerjaan. Menganggur terlalu lama akan membuat pikiran kamu jadi pusing dan membuat tubuh kamu kurang gerak. Akibatnya kamu jadi gampang jatuh sakit.



 #6. Setiap Hari Mandi Malam Dengan Air Dingin

Mandi adakah kegiatan yang setiap hari kamu lakukan, bahkan jika satu hari saja tidak mandi. Tubuh akan terasa lemas, dan yang pasti badan kamu jadi bau. Tapi adakalanya karena banyak pekerjaan dan pulang ke rumah sudah malam. Kamu jadi sering mandi malam dengan air dingin. Nah inilah yang menjadi salah satu penyebab kamu sering sakit,  yaitu kebiasaan buruk setiap hari mandi malam dengan air dingin.  *tips : kalau kamu mandi malam, gunakanlah air hangat.....jadi tubuh kamu gak gampang sakit.....



#7. Begadang Setiap Hari(kurang tidur)

Seperti kata bang Haji Rhoma Irama, “begadang jangan begadang.....kalau gak ada artinya.......”  Sebenarnya begadang boleh saja, kalau memang ada perlunya. Tapi kalau kamu setiap hari begadang terus-menerus, setiap malam gak tidur. Maka tubuh kamu lama-kelamaan akan ambruk dan jatuh sakit. Karena kamu jadi kurang tidur, pagi harinya pasti bangunnya kesiangan dan kepala jadi pusing serta tubuh jadi lemas.   *Stop begadang setiap hari......istirahatlah....tidur dulu bro!....



Oke, itulah 7 kebiasaan buruk yang membuat kamu jadi sering sakit. Yuk perbaiki pola pikir, pola makan dan pola hidup kamu sekarang juga. Ganti dengan pola pikir yang positif, pola makan yang sehat dan juga pola hidup yang sehat. 


Berhentilah melakukan 7 kebiasaan buruk di atas tadi, ganti dengan kebiasaan-kebiasaan baik, yaitu : berpikir positif, makan/minum yang sehat, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, menganggur jangan kelamaan, mandi malam dengan air hangat, begadang jangan setiap hari. Dan yang paling penting adalah PRAKTIKKAN, jangan cuma dibaca saja.....hehehe.... :-)



Penulis : Dani Kaizen
Purbalingga, Rabu 07 Desember 2016, Jam 21.38 WIB


*Sumber gambar 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...