Sabtu, 17 Desember 2016

7 Jenis Profesi Penulis Yang Sebaiknya Kamu Ketahui (Hari ke #17 - #30DWCJilid3)


Pada umumnya banyak orang yang hanya mengetahui satu jenis profesi dari penulis, yaitu penulis buku (buku cetak). Padahal yang sebenarnya, profesi penulis itu banyak sekali jenisnya. Jenis profesinya biasanya disesuaikan dengan hobi/kesukaan penulisnya. Apa saja jenis profesi penulis tersebut?



Oke, gak usah banyak basa-basi lagi dan gak perlu menulis panjang kali lebar sama dengan luas. Yuk mari kita bahas bersama, apa saja jenis profesi penulis yang sebaiknya kamu ketahui.


7 Jenis Profesi Penulis Yang Sebaiknya Kamu Ketahui :


#1. Penulis Buku Cetak (buku fisik)

Penulis buku cetak adalah jenis profesi penulis yang paling banyak orang ketahui. Menulis buku cetak biasanya dibagi dua, yaitu buku fiksi dan buku non fiksi. Contoh buku fiksi itu seperti puisi, sajak, cerpen, novel dll. Contoh buku nonfiksi adalah buku pengembangan diri, buku biografi, buku tutorial, buku tips dan trik dll. *Kalau kamu ingin membuat buku, maka mulailah praktik menulis sekarang juga.......

*Cara mudah menulis buku => http://caramenulisbuku.com/metode-menulis/metode-menulis.htm  , atau di sini juga bisa => http://keajaibanmenulis.com/



#2. Penulis Ebook (buku elektronik)

Di jaman internet ini, sekarang banyak penulis buku cetak yang juga menjual ebook/buku elektronik. Mengapa menulis ebook? Karena ebook itu banyak sekali kelebihannya dibandingkan dengan buku cetak/fisik. Misalnya, ebook itu tidak perlu kertas untuk menulis, gratis membuatnya, awet/tidak cepat rusak seperti buku cetak, cukup dengan membawa HP/Smarphone kamu bisa membaca ebook di mana saja. 

*Cara membuat ebook paling sederhana => http://kliping.co/cara-membuat-ebook/

*Cara membuat cover ebook => https://www.myecovermaker.com/

*Ebook cara membuat ebook (premium) => http://sekolah.jefferlysuperclub.com/



#3. Penulis Komik(cerita bergambar)

Apakah kamu suka menulis dan menggambar? Kalau iya, cobalah menjadi penulis komik/cerita bergambar. Hobi kamu menggambar akan tersalurkan dengan menjadi penulis komik. Taukah kamu, komik adalah buku yang paling menyenangkan untuk dibaca. Karena di dalam komik gak melulu berisi tulisan, tapi juga banyak gambar-gambar yang menarik untuk dilihat. Dengan adanya gambar, maka isi/jalan ceritanya lebih mudah dipahami oleh pembaca.  


*Saya juga suka membaca manga/komik jepang, di sini => http://www.komikid.com/ , http://manga.web.id/



#4. Penulis Skenario Film

Tidak banyak penulis yang berprofesi menjadi penulis skenario film, mungkin karena namanya tidak sepopular para penulis buku cetak. Tapi taukah kamu, bahwa penghasilan dari menulis skenario film itu bisa sampai puluhan juta hanya untuk satu skenario film saja. Skenario filmnya bukan hanya untuk film layar lebar/bioskop saja, tapi juga bisa untuk skenario FTV(Film TeleVisi) yang hampir setiap hari tayang di televisi swasta Indonesia.


*Cara menulis skenario film => http://skenario.net/category/teknik-penulisan/



#5. Penulis Syair/Lirik Lagu

Apakah kamu suka menulis dan menyanyi? Kalau iya, ini sangat cocok sekali buat kamu, yaitu profesi penulis syair lagu atau sering ditulis sebagai “pencipta lagu”. Seorang pencipta lagu yang baik akan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar dan juga banyak orang yang suka menyanyikannya.

*Kalau kamu ingin belajar menulis lirik lagu, silakan klik link ini => https://klinikmusik.wordpress.com/2015/03/01/langkah-langkah-membuat-lagu-ciptaan-sendiri/



#6. Penulis Koran(Jurnalis alias wartawan)

Apakah kamu suka menulis berita? Atau menulis hal-hal kejadian yang terjadi di dunia ini. Kalau iya, kamu sangat cocok menjadi jurnalis/wartawan koran. Enaknya menjadi seorang jurnalis, kamu bisa jalan-jalan ke berbagai tempat di Indonesia, bahkan bisa sampai ke luar negeri.  

*Mau belajar menulis ala jurnalis...silakan klik link ini =>  http://www.muhammadnoer.com/tips-belajar-menulis-jurnalis/



#7. Penulis Artikel Website/Blog

Jaman sekarang ini/jaman internet, apapun bisa dibeli dengan cara online. Dan di dunia maya banyak sekali bermunculan toko-toko online. Di dalam toko online sangat dibutuhkan sekali yang namanya artikel. Karena artikel inilah yang akan membuat pengunjung menjadi tertarik membeli di toko online tersebut.

Ada juga yang namanya “blogger”, yaitu penulis blog. Maksudnya adalah blogger itu menulisnya dengan media blog. Contohnya blogspot, wordpress, tumblr, inspirasi.co  dll. Taukah kamu, bahwa hampir 90% informasi di rumahnya mbah google itu ditulis oleh blogger. Kalau gak percaya, cek saja sendiri.......hahahaa :V

*Cara mudah membuat blog => http://sugeng.id/tutorial-blogger/

*Bagaimana cara menulis artikel di website/blog yang baik? Silakan klik saja link ini => http://portal-uang.com/2013/08/cara-menulis-artikel-yang-baik.html





Oke, itulah 7 profesi penulis yang sebaiknya kamu ketahui. Sebenarnya ada banyak lagi profesi penulisnya, tapi untuk hari ini, saya cukupkan sampai 7 saja. Semoga dengan tulisan saya yang sederhana ini, kamu mendapatkan inspirasi dan segera mulai praktik menulis sekarang juga!


*Selamat menulis.......Salam #VirusMenulis J



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Sabtu 17 Desember 2016, Jam 13.46 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...