Senin, 13 Juni 2016

Orang Yang Gagal Paham (#RamadhanDay8) #165



"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (QS. Al Hujurat : 6)

Ternyata di dunia maya ini(baca : media sosial), sekarang banyak sekali orang yang gagal paham. Siapa sih orang yang gagal paham? Yaitu orang yang “sok tau” , merasa diri tau segala masalah yang sedang terjadi, tapi sebenarnya gak tau apa-apa. Sibuk mengkritik dan mengomentari masalah orang lain, tapi tidak pernah memberikan solusinya.


Bagaimana sih tanda-tanda orang yang “gagal paham” itu? Yups, hari ini saya akan menulis tanda-tanda orang yang sering gagal paham. Mereka sering melakukan hal ini, tapi anehnya mereka tidak menyadarinya.


Tanda-tanda orang yang gagal paham :


#1. Kalau membaca, hanya sekedar membaca JUDUL tulisannya saja.

Malas membaca keseluruhan isi tulisannya, kemudian mereka langsung berkomentar. Maka nya komentarnya jadi sering gak nyambung dengan isi tulisannya.



#2. Gampang banget terprovokasi dengan tulisan orang lain.

Kalau ada tulisan orang lain yang berbeda dengan pendapat/pemikirannya, maka mereka langsung ber-reaksi negatif. Yaitu merespon dengan emosi yang berlebihan.



#3. Suka berburuk sangka dengan postingan orang lain yang sedang membahas agama dari “sudut pandang” lain.

Jika postingan orang lain tidak sesuai dengan ajaran agamanya, langsung berburuk sangka kepada orang tersebut dan menyerangnya dengan copas ayat-ayat suci.



#4. Sering berpikir negatif dengan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain.

Orang menulis status tentang jualannya laris manis, beli mobil, beli rumah, atau piknik keluar negeri....malah dianggap sombong dan sedang pamer. Posting status umroh, naik haji, dan sedekah......malah dibilang riya/pamer.



#5. Cepat tersinggung dan gampang banget emosi/marah-marah.

Kalau ada tulisan yang berbeda dengan pemikirannya, biasanya tentang masalah agama. Mereka langsung jadi arogan, gampang banget menuduh orang lain bid’ah, kafir, musyrik, syirik, syiah, sesat, dan liberal.



#6. Hobi berdebat dan bertengkar di media sosial.

Ada saja hal yang untuk diperdebatkan, setiap hari kerjaannya mencari hal-hal yang bisa diperdebatkan. Bertengkar dengan “perang ayat suci” (saling meng-copas ayat suci untuk menyerang pendapat orang lain).



#7. Suka menyebar kebencian dan permusuhan kepada orang lain.

Dengan cara menebar link HOAX/berita bohong yang dibungkus dengan ayat-ayat suci. Pokoknya kalau ada ayat sucinya langsung dishare/dibagikan dimedia sosial, padahal berita itu adalah HOAX.




*Intinya adalah yuk kita semua tenangkan diri dan introspeksi diri, jangan-jangan diri kita sendiri termasuk "orang yang gagal paham", tapi kita tak menyadarinya selama ini.  



Nah itulah 7 tanda-tanda orang yang “gagal paham”.....kalau kamu punya tanda-tanda yang lainnya, silakan tulis dikomentar ya.....





Purbalingga, Senin 13 Juni 2016, Jam 14.16 WIB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...