Jumat, 10 Juni 2016

Hakikat Ghibah/Menggunjing (#RamadhanDay5) #162




“Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.” (QS Al Hujurot : 12)



Ghibah atau menggunjing sangatlah dilarang dalam ajaran agama Islam, karena itu akan membuat orang lain sakit hati dan juga menjadi dendam. Kalau kamu sering menggunjing/ngomongin keburukan orang lain, maka lama-kelamaan teman-teman kamu pasti akan menjauh dari dirimu. Karena, mana ada teman-teman kamu yang suka di omongin keburukannya di tempat umum/banyak orang. Pastinya mereka akan merasa sakit hati dan kecewa.


Dalam agama Islam, kalau kamu melakukan ghibah, itu di ibaratkan seperti kamu memakan daging bangkai saudaranya yang sudah mati. Namanya daging bangkai ya sudah pasti sangat bau dan menjijikan. Memangnya kamu mau memakan daging bangkai?  Hehehe......


Oleh karena itu, janganlah kamu suka berghibah/ngomongin keburukan orang lain, lebih baik kamu ngomongin kebaikan orang lain. Karena itu akan membuat hati orang lain senang dan bahagia.


Dalam bulan ramadhan ini, sebaiknya jaga mulut kita dari berghibah/menggunjing orang lain. Jaga juga tangan kita dari menulis keburukan orang lain di media sosial. Karena akan sangat sia-sialah ibadah puasa kita, jika kita masih melakukan ghibah kepada orang lain. Ibadah puasa bukanlah hanya menahan diri dari makan dan minum saja, tapi juga menahan diri dari segala macam perilaku buruk yang merugikan orang lain. Termasuk berghibah kepada orang lain.




*Stop berghibah mulai sekarang juga!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...