Sabtu, 11 Juni 2016

Berpuasa Janganlah diJadikan Alasan (#RamadhanDay6) #163



Banyak orang Islam yang karena sedang berpuasa di bulan ramadhan, mereka malah menjadi “malas” ngapa-ngapain. Berpuasa dijadikan sebuah alasan untuk bermalas-malasan, sehingga produktifitas kerjanya menurun drastis. Mereka seakan-akan mencari “pembenaran diri” dengan adanya kewajiban puasa yang membuat mereka jadi pemalas.



Nah ada juga yang mencari pembenaran diri untuk tidur sepanjang hari(baca : malas-malasan), karena membaca sebuah hadis : “Tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya terkabulkan dan amalannya dilipat gandakan.” (HR Baihaqi)   *hadis ini dhoif/lemah


Ya memang sih ada benarnya juga, daripada berpuasa melakukan hal-hal yang negatif/buruk, lebih baik kita tidur. Tapi kalau kamu tidurnya berlebihan, ya akhirnya jadi tidak baik juga dan malah membuat kamu nantinya jadi seorang pemalas. Alangkah lebih baiknya, kalau saat kita sedang berpuasa, waktunya tidak hanya untuk tidur saja, tapi lebih baik kita melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Contohnya seperti membaca buku-buku agama Islam, membaca kitab suci Al Qur’an, menulis, mengaji, olahraga ringan, berjualan takjil, dan lain sebagainya.


Yups, saat kita sedang berpuasa,  janganlah dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.  Seharusnya berpuasa itu menjadikan kita lebih semangat dalam melakukan suatu kebaikan. Walaupun kita sedang lapar dan haus, janganlah sampai membuat kita menjadi malas melakukan kewajiban dalam belajar, berlatih ataupun bekerja. Tetaplah semangat menjalani aktifitas kehidupan, dan jangan lupa ibadah wajib jangan pernah kita tinggalkan.



*Selamat menjalankan ibadah puasa....tetap semangat!


Purbalingga, Sabtu 11 Juni 2016, Jam 07.00 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...