Senin, 25 April 2016

Mitos Menulis (Hari ke #8 - #40DWC) - #116


Banyak orang yang masih saja percaya dengan “mitos”, yaitu suatu cerita/karangan dari orang lain yang tidak benar adanya. Mitos banyak di percaya oleh orang-orang, yaitu karena banyak orang yang menceritakannya, sehingga lama-kelamaan hal yang salah jadi terlihat benar. Begitupun juga dengan yang namanya “mitos menulis”, suatu mitos tentang menulis yang kelihatannya benar, tapi sebenarnya keliru dan salah banget.


Apa saja sih mitos menulis yang sering diceritakan oleh orang-orang?  Sebenarnya banyak banget mitos menulis, tapi hari ini saya akan share/bagikan 3 mitos menulis yang masih sering di percaya oleh banyak orang(terutama penulis pemula/calon penulis).


3 Mitos Menulis :

#1. Menulis Itu Harus Membutuhkan Waktu Yang Khusus dan Lama

Banyak calon penulis/penulis pemula yang sering beralasan bahwa mereka tak punya waktu untuk menulis. Waktu mereka sangat sibuk, sehingga tak ada waktu kosong untuk menulis. Seringnya mereka beralasan tak bisa menulis karena sibuk bekerja, sibuk kuliah, sibuk sekolah dll. Menulis itu bagi mereka harus punya waktu khusus dan lama untuk menulis.


Taukah kamu, bahwa sebenarnya menulis itu tidak perlu waktu yang khusus dan lama. Waktu luang apapun bisa kamu gunakan untuk menulis. Seperti saat menunggu seseorang, saat istirahat , saat bangun tidur, ataupun saat sebelum tidur. Menulisnya pun tak perlu waktu yang lama, cukup 1-2 jam saja sudah bagus untuk menulis. Tapi lebih baik lagi adalah jangan menunggu waktu luang untuk menulis, tapi luangkanlah waktumu untuk menulis.  *buatlah jadwal menulismu sendiri.....



#2. Menulis Itu Harus Punya Bakat Menulis

“Saya gak bisa menulis, karena saya gak punya bakat menulis”, itulah kata-kata yang masih sering di ucapkan oleh orang yang ingin jadi seorang penulis/calon penulis. Saat ini masih saja banyak orang yang mempercayai bahwa menulis itu harus punya “bakat menulis” terlebih dulu. Kalau kamu tidak berbakat menulis, maka kamu tidak akan bisa menulis.


Padahal kalau kamu ingin jadi seorang penulis, tak perlulah kamu harus punya bakat menulis terlebih dulu. Karena menurut pendapat saya, menulis itu bukanlah karena bakat menulis, menulis itu adalah suatu “keterampilan”. Dan yang namanya keterampilan itu bisa dilatih agar bisa ahli. Semakin kamu sering berlatih/latihan PRAKTIK MENULIS setiap hari, maka saya yakin, tulisanmu itu lama-kelamaan pasti akan semakin bagus dan enak dibaca.



#3. Menulis Itu Harus Tau Teori Menulis Terlebih Dulu

Menulis itu tidak perlu kebanyakan mikir ini dan itu. Semakin kamu banyak mikir, malah justru kamu nantinya tak akan menulis-menulis. Menulis juga tak perlu harus tau “teori menulis”  terlebih dulu. Kamu tak usah pusing memikirkan EYD dan kosa kata yang rumit dalam menulis. Menulis saja secara bebas, menulislah dengan gaya tulisanmu sendiri, tak usah meniru gaya tulisan orang lain.


Kalau kamu mau menulis, ya menulis saja. Tak usah banyak mikir dan banyak alasan, apalagi banyak mengeluh. Menulislah apa yang sedang kamu pikirkan dan menulislah apa yang sedang kamu rasakan saat ini. Menulislah setiap hari, dan agar saat menulisnya mudah dan lancar, maka menulislah apa yang sudah kamu alami/pengalaman hidup kamu.



*Ayooo menulislah sekarang juga! Tanpa TAPI/banyak alasan dan juga tanpa NANTI/suka menunda-nunda.


**Selamat menulis ......



Purbalingga, Senin 25 April 2016, Jam 22.59 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...