Sabtu, 12 Maret 2016

Tips Menemukan Inspirasi Menulis (Hari ke #27 - #30DWC Jilid 2) - #72


Inspirasi menulis(baca : ide tulisan) bisa kamu temukan dimanapun dan kapanpun juga. Tapi sebaiknya kamu jangan cuma menunggu dan menunggu terus sampai “inspirasi menulis” itu datang kepadamu dengan sendirinya. Alangkah lebih baik, jika kamu menjemput dan menciptakan inspirasi menulis/ide tulisan itu dengan melakukan suatu tindakan saat ini juga. Apa saja tindakan yang harus kamu lakukan untuk menjemput inspirasi menulis?


Mengapa kamu harus melakukan suatu tindakan saat ini juga? Karena kalau kamu cuma diam menunggu dan tak melakukan apapun  juga, maka inspirasi menulis itu akan sulit kamu dapatkan. Ingatlah, Inspirasi menulis akan mudah kamu dapatkan, jika kamu melakukan hal-hal yang membuat otakmu berpikir dan anggota tubuhmu melakukan sesuatu yang positif.


Untuk kamu ketahui, sayapun dulu terkadang masih bingung mencari inspirasi menulis(menemukan ide tulisan). Namun seiring waktu berjalan, dengan saya belajar menulis dengan menulis alias langsung praktik menulis. Maka lama kelamaan inspirasi menulis/ide tulisan bisa saya temukan dengan mudah.


Bagaimana cara saya menemukan inspirasi menulis?  Kamu mau tau aja? Atau mau tau bangeeeettt......hahahahaaa.... :-P


Inilah yang saya lakukan agar mudah menemukan inspirasi menulis(baca : menjemput ide tulisan). Mungkin cara ini sudah kamu ketahui, namun tak ada salahnya saya share/bagikan lagi kepada teman-teman yang belum tau caranya. Caranya mudah banget dan bisa segera kamu praktikan sekarang juga. *Cekidoooottt.......



3 Tips Mudah Menemukan Inspirasi Menulis :


#1. Membaca Buku

Membaca buku adalah  kegiatan yang paling sering saya lakukan dalam menemukan inspirasi menulis (baca : menjemput ide tulisan). Karena dari membaca buku, saya banyak menemukan ilmu pengetahuan baru yang bisa saya jadikan ide untuk menulis. Buku-buku yang sering saya baca adalah buku pengembangan diri/motivasi, buku cerita inspiratif, buku biografi orang sukses, buku humor, buku tentang tips menulis, buku/novel best seller dll.


Oh ya, sebenarnya bukan hanya membaca buku, kamu bisa juga temukan inspirasi menulis dari membaca ebook, membaca blog, membaca alam, ataupun juga membaca pengalaman hidupmu sendiri. Dan kalau hari ini kamu sedang bingung mau menulis apa?  Maka segeralah membaca buku, pilihlah hanya buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat untuk kehidupanmu saat ini.  *Selamat membaca......



#2. Menonton Film

Selain membaca buku, saya juga sering mendapat inspirasi menulis dari menonton film. Banyak hal yang saya dapatkan ketika saya menonton film. Apalagi kalau film yang saya tonton adalah film-film yang inspiratif dan memotivasi dalam kehidupan. Contohnya film Laskar Pelangi, SangPemimpi , Mestakung (Semesta Mendukung), Sang Pencerah, Negeri 5 Menara, 5 cm, Merry Riana(Mimpi Sejuta Dollar), 127 Hours, Facing the Giants, Forrest Gump, 3 Idiots, PK (Pekay), The Billionaire, The Pursuit of HappyNess, The Blind Side,  dll.


Tidak semua film harus kamu tonton, tapi pilihlah hanya film-film yang bermutu dan bisa menginspirasi kamu dalam menulis. Dan kamu sangat beruntung di hari ini, karena saya akan share/berbagi film-film tentang dunia tulis menulis. Inilah film-film rekomendasi tentang penulis dan menulis. Film Freedom Writers, Dead Poets Society, Julie and Julia, Finding Forrester, Man About Town, The Diving Bells and The Butterfly, Novel Tanpa Huruf “R”, dll.



#3. Piknik ke Tempat-Tempat Yang Indah

Membaca buku sudah, membaca blog sudah, menonton film sudah, lalu apa lagi yang bisa membuat kamu mudah untuk menemukan inspirasi menulis? Membaca dan menonton film bisa kamu lakukan didalam rumahmu sendiri. Tapi berbeda dengan cara yang ketiga ini dalam menemukan inspirasi menulis, yaitu kamu harus keluar dari rumahmu/kamar tidurmu. Mengapa harus keluar dari rumah? Ya karena ini adalah kegiatan yang harus kamu lakukan diluar(baca : di alam terbuka).


Kegiatannya adalah PIKNIK, yaitu  suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan dalam kehidupan di dunia ini. Piknik tak usah jauh-jauh keluar kota, kamu bisa piknik didalam kota kamu sendiri. Melihat keindahan alam kota kelahiranmu yang belum pernah kamu kunjungi. Percayalah, setelah kamu piknik, maka pikiran kamu menjadi fresh lagi dan hatimu akan merasakan bahagia. Setelah pikiran kamu fresh dan hatimu bahagia, maka kamu akan mudah menulis dan semangat menulis lagi.  



*Jangan suka menunggu inspirasi menulis datang kepadamu, tapi jemputlah dan ciptakanlah inspirasi menulismu sekarang juga! (Dani Kaizen)



Purbalingga, Sabtu 12 Maret 2016, Jam 13.25 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...