Selasa, 01 Maret 2016

Dakwah Itu Sederhana (Hari ke #16 - #30DWC Jilid 2) - #61


Dakwah itu memang baik, jika dilakukan dengan cara yang baik juga. Tapi dakwah akan menjadi sebuah keburukan, jika dilakukan dengan cara yang buruk. Banyak sekali di dunia maya ini, orang-orang yang memang punya niat baik untuk berdakwah, mereka menyuruh orang-orang untuk beriman dan beribadah kepada Allah. Tapi sayangnya cara yang digunakan salah dan keliru, yaitu dakwah dengan cara yang buruk. Bagaimana contoh dakwah dengan cara yang buruk?


Contoh dakwah dengan cara yang buruk itu seperti ini : Mereka berdakwah dengan penuh kebencian dan permusuhan, suka banget mengkafirkan dan memusyrikkan orang lain, membid’ahkan ibadah orang lain, hobinya mencaci maki dan menghujat, senang berdebat dan bertengkar, setiap hari berghibah /bergunjing, bahkan sering memfitnah orang lain yang berbeda pemikiran dengan dirinya.  


Yuk kita semua introspeksi diri, apakah dakwah yang kita lakukan selama ini dengan cara yang baik? Atau malah dengan cara yang buruk?  


Tanda-tanda orang yang melakukan dakwah dengan cara yang buruk itu seperti ini : Dia selalu merasa paling benar/baik sendiri, dia merasa paling beriman dan bertaqwa kepada Allah. Pemikiran dia dan kelompoknya adalah yang paling benar, pemikiran orang lain selalu salah dan menyesatkan. 


Kalau dinasehati, gampang banget tersinggung. Setiap hari kerjaannya marah-marah melulu. Di mana-mana suka menyebar kebencian dan permusuhan. Suka mengutip ayat-ayat suci untuk menyerang orang lain dan sebagai pembenaran diri sendiri. Hobi menyebar berita HOAX alias berita bohong didunia maya.


Yuk mulai sekarang juga, kita semua berdakwah dengan cara yang baik. Yaitu dakwah dengan cara yang santun dan lembut, seperti yang pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW saat dulu beliau berdakwah. Dakwah yang menyejukkan hati dan juga membuat orang lain mudah tersentuh hatinya.


Sebenarnya dakwah itu sederhana, sesederhana kata-kata dibawah ini :

“Dakwah Itu Sederhana”

Hanya mengajak, bukan mengejek.......
Hanya mengajar, bukan menghajar......
Hanya membina, bukan menghina......
Hanya mencintai, bukan mencaci-maki.....
Hanya menasehati, bukan menusuk hati......


*Intinya adalah berdakwahlah dengan cara yang baik dan benar. Berdakwahlah dengan penuh cinta dan kedamaian, berkatalah yang lembut dan santun. 


Kita berdakwah hanyalah untuk “mengajak dan mengingatkan”, bukan untuk “menyuruh dan memaksakan” orang lain untuk berubah seperti diri kita saat ini.



Penulis : Dani Kaizen – https://www.inspirasi.co/DaniKaizen
Blog : http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/


Purbalingga, Selasa  01 Maret 2016, Jam 21.53 WIB 


*Sumber gambar => http://bemuslimahcom.blogspot.co.id/2013/03/dakwah-itu-mengajak-bukan-mengejek.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...