Jumat, 12 Februari 2016

Malas Menulis dan Solusinya #43


Entah mengapa dalam beberapa hari ini, saya malas banget untuk menulis diblog ini. Yang biasanya saya semangat menulis, tapi kini jadi malas untuk menulis. Menulis satu halaman yang biasanya lancar-lancar saja, sekarang kok rasanya sulit dan tak selesai-selesai tulisannya. Dan setelah saya selidiki dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ternyata masalahnya adalah karena diri saya sendiri. Masalah yang mungkin kamu juga mengalaminya saat ini. Masalah apakah itu?


Ya betul, ternyata masalahnya adalah karena dari diri saya sendiri. Diri saya yang tak bisa membagi waktu dengan baik. Kapan saya harus fokus menulis, dan kapan saya fokus pada kegiatan yang lainnya. Waktu menulis yang sudah saya jadwalkan dimalam hari, malah sering terabaikan gara-gara saya terlalu sibuk  didunia maya (dunia facebook).


Oke, inilah 2 hal yang ternyata sudah membuat saya malas menulis :


#1. Terlalu Sibuk di Social Media (Facebook, Twitter, Instagram, dll)

Saya adalah termasuk orang yang sudah kecanduan social media, dan social media yang membuat saya kecanduan adalah FACEBOOK. Kalau saya sudah membuka akun facebook saya, saya sulit banget untuk berhenti/keluar dari dunia facebook. Karena saya terlalu asyik/keasyikan membaca status, berkomentar, like/suka, share/bagikan, dan nonton video yang dishare teman2 difacebook. Membaca memang baik, tapi kebanyakan membaca status teman2 difacebook justru membuat saya malas untuk menulis di blog.


Solusinya adalah ketika saya ingin menulis diblog, saya jangan dulu membuka akun facebook saya, karena kalau sudah masuk ke facebook, akan sulit untuk keluar. Kalau sudah terlanjur masuk, saya harus paksa diri saya untuk keluar dulu dari facebook. Dan harus segera buka microsoft word , mulai mengetik tulisan sampai selesai, minimal menulis 1-2 halaman.


#2. Menunda-Nunda Menulis

Kalau saya sudah keasyikan di social media(baca : facebook), maka akibatnya saya akan suka menunda-nunda menulis. Pasti ada saja alasan saya untuk menunda-nunda menulis. Contohnya : “masih banyak waktu, nanti saja ah nulisnya”, “lagi tanggung nih, videonya bagus banget”, “nulisnya nanti saja sebelum tidur, sekarang saya baca2 status dulu.” Dll


Solusinya adalah kalau saya sudah waktunya menulis, maka saya harus menulis saat itu juga.Karena semakin saya sering menunda-nunda menulis, maka besoknya pasti saya akan semakin malas untuk menulis. Intinya adalah jangan suka menunda-nunda menulis, menulislah sekarang juga! gak pakai TAPI(banyak alasan) dan juga gak pakai NANTI(menunda-nunda).


  
*Keluarlah dari social mediamu sekarang juga dan mulai menulislah saat ini juga!


Purbalingga, Jum’at 12 Februari 2016, Jam 23. 55 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...