Kamis, 18 Februari 2016

Kebencian Yang Berlebihan (Hari ke #4 - #30DWC Jilid 2) #49


Namanya manusia pasti punya rasa cinta dan benci dihatinya. Karena tak ada satupun manusia yang cuma punya rasa cinta saja, ataupun sebaliknya, hanya punya rasa benci saja. Rasa cinta dan benci adalah sudah “satu paket” di dalam diri manusia, tak bisa dipisahkan. Kalau kamu coba memisahkan mereka  berdua(rasa cinta dan benci), rasakan sendiri akibatnya......hahahahaa :-P


Rasa cinta dan benci bisa bermanfaat, kalau sesuai dengan kadar dan porsinya. Tapi rasa cinta dan benci bisa juga berbahaya bagi manusia jika sudah berlebihan/terlalu. Karena apapun didunia ini, kalau sudah berlebihan, pasti akan tidak baik hasilnya.  


Hari ini, saya hanya akan menuliskan tentang rasa benci(baca : kebencian). Karena dijaman internet ini, terutama di social media (facebook, twitter, instagram dll), banyak sekali orang-orang yang kecanduan rasa benci alias kebencian kepada seseorang yang sudah sangat berlebihan. Buktinya adalah setiap hari mereka sibuk sekali membicarakan / menulis aib dan kejelekan orang lain yang dibencinya tersebut di social media. Bukan hanya menuliskan aib orang lain, terkadang mereka juga memfitnah orang yang dibencinya, dengan mengutip ayat-ayat suci untuk pembenaran dirinya sendiri.


Sungguh sangat disayangkan sekali, hidup didunia ini yang cuma sebentar dan tak selamanya. Hanya dihabiskan dengan sibuk menggunjing , berghibah /bergosip, mencari-cari kesalahan orang lain, memfitnah, menghujat, dan menghakimi orang lain yang dibencinya. Lebih baik waktumu yang masih tersisa didunia ini, digunakan untuk berbuat kebaikan dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Setuju? Setuju dong.......lakukanlah mulai hari ini juga ya....


Percayalah, kebencianmu yang berlebihan kepada seseorang hanya akan membuat hidupmu semakin sengsara dan hidupmu tambah susah (baca : tak bahagia). Ingatlah, kalau hati kamu sudah dipenuhi dengan kebencian yang berlebihan kepada seseorang. Maka yang akan kamu lihat setiap hari pasti hanyalah kesalahan, keburukan, kelemahan, kekurangan dan semua hal negatif pada orang tersebut.


Semakin kamu membenci seseorang, itu justru malah akan membuat kamu menjadi persis seperti orang yang kamu benci, tapi kamu tak menyadarinya. Maka nya mulai hari ini juga, berhentilah membenci orang lain. Kebencianmu kepada orang lain tak akan mungkin bisa membuat orang lain berubah perilakunya. Tapi justru akan membuat orang lain semakin membela diri dan bertahan dari perilakunya.


Kalau kamu tak suka dengan perilakunya, nasehatilah mereka dengan kata-kata yang santun dan baik, bukan dengan kata-kata yang kasar dan menghujat. Mengubah orang lain tak mungkin bisa dengan kata-kata yang menyakitkan hati orang tersebut. Ajaklah mereka untuk berdiskusi dan bertukar pikiran, bukan malah diajak berdebat dan saling mencaci maki.


Balaslah kebencian orang lain dengan cinta, karena hanya cintalah yang akan membuat hati orang lain tersentuh dan kemudian orang itu mau berubah. Cintailah mereka dengan hati yang tulus dan ikhlas, dan lakukanlah sekarang juga!


*Salam damai dan cinta untuk kalian semuanya .......


Penulis : Dani Kaizen – https://www.inspirasi.co/DaniKaizen


Purbalingga, Kamis 18 Februari 2016, Jam 23.04 WIB




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...