Senin, 08 Februari 2016

Bacalah! #39


Cara termudah dan murah untuk mempelajari suatu ilmu adalah dengan membaca. Kamu bisa membaca dengan berbagai cara dan bermacam-macam media. Contohnya : kamu bisa membaca kitab suci, membaca buku cetak, membaca ebook, membaca di sosial media(facebook, twitter, instagram), membaca diblog ini juga bisa, dll. Dengan membaca, maka ilmu pengetahuan kamu akan semakin bertambah dan juga wawasan kamu akan semakin luas.


Ayat pertama yang turun dari kitab suci Al-Qur’an adalah disuruh untuk membaca. Perintah membaca itu terdapat dalam surat Al’alaq ayat 1-5. Inilah terjemahan suratnya : #1. Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. #2. Dia telah mencipatkan manusia dari segumpal darah. #3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang maha Pemurah. #4. Yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam(tulis baca). #5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.


Oleh karena itu, alangkah indahnya kalau setiap hari kamu melakukan kegiatan membaca, bukan hanya membaca buku cetak saja, tapi juga membaca tentang kehidupan, membaca alam, membaca diri dll. Dan saran saya, biasakanlah untuk konsisten "membaca buku setiap hari", minimal satu minggu itu satu buku. Dan pilihlah hanya buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat untuk kehidupan kamu. Ingatlah, apa yang sering kamu baca, maka itu akan mempengaruhi pikiran dan tindakanmu juga.


Selain membaca, kamu sebaiknya juga “mengikat makna” dari buku-buku yang sudah kamu baca. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan MENULIS. Tulislah apa yang telah kamu dapat dari membaca buku, dan tulislah dengan gaya bahasa kamu sendiri. Dan sebaiknya “menulislah setiap hari”, agar tulisan kamu semakin bagus dan enak dibaca. Ingatlah, apa yang sering kamu tulis, itu adalah cerminan diri kamu yang sebenarnya.



*Tips agar otak/pikiran kamu semakin cerdas dan bijak, lakukanlah 2 hal kegiatan ini : “Banyak membaca buku-buku yang berkualitas dan praktek menulis setiap hari.”


Penulis : Dani Kaizen –  https://www.inspirasi.co/DaniKaizen


Purbalingga, Senin 08 Februari 2016, Jam 23.54 WIB




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...