Selasa, 26 Januari 2016

Tips Agar Fokus Menulis #26


Apakah kamu pernah mengalami hal-hal berikut ini? Mau menulis rasanya malas banget, pusing memikirkan apa yang ingin ditulis, tidak punya ide tulisan, jari-jari tangan malas untuk bergerak menyentuh tuts keyboard ,dll. Kalau itu yang sedang kamu rasakan, maka kamu sama seperti saya. Tapi itu dulu, waktu pertama kali saya mulai belajar menulis. Alhamdulillah , sekarang sudah jarang mengalami hal-hal diatas. Kenapa? Karena sekarang saya tau caranya, yaitu cara agar kita “fokus menulis”,  bagaimana caranya?


Sebelum kita membahas tentang caranya, yuk kita bahas dulu mengapa kamu sering tidak bisa fokus menulis. Ada banyak sebab kamu tidak fokus menulis, contohnya adalah karena kamu terlalu asyik di akun sosial media kamu. Misalnya di facebook, kamu terlalu asyik membaca status, berkomentar, like, dan share . Percayalah, semakin kamu sibuk membaca status-status teman-teman kamu di facebook, maka waktu kamu akan terbuang dengan sia-sia. Dan kamu akhirnya jadi malas menulis.


Menonton video di youtube juga bisa membuat kamu malas menulis, karena kamu ke-asyikan nonton videonya. Video satu selesai kamu tonton, maka kamu akan tergiur untuk menonton video yang lainnya. Percayalah, semakin kamu tonton video di youtube, maka kamu jadi tak sempat dan malas untuk menulis. Karena waktunya kamu habiskan untuk menonton video di youtube.



Apalagi yang membuat kamu tidak fokus menulis? masih banyak sih, tapi untuk contoh yang lainnya cari sendiri saja ya. 


Dan inilah tips agar kamu fokus menulis : 

#1. Matikan/keluarlah dari akun social mediamu (facebook, twitter, path, instagram dll)

#2. Matikan Video Youtube, kalau perlu matikan saja internetnya sekalian

#3. Matikan Televisi, Radio, Musik

#4. Matikan HP, Smartphone, BB, WA dll

#5. Buka komputer/laptop kamu dan buka Microsoft Word, mulai mengetik sekarang juga.

#6. Jangan berhenti mengetik sebelum selesai (minimal menulis 1-2 jam, menulis minimal 1-2 halaman)

#7. Oke, jangan hanya dibaca saja tulisan diatas......kerjakan sekarang juga!


Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Selasa 26 Januari 2016, Jam 23.53 WIB




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...