Senin, 11 Januari 2016

Ketakutan- Ketakutan Yang Sering di Alami Oleh Penulis Pemula #11


Ketika seseorang punya impian menjadi seorang penulis, biasanya dia akan mencari ilmunya (baca : cara untuk belajar menulis). Ada banyak cara untuk belajar menulis, bisa melalui buku, ebook, grup facebook , atau bisa juga belajar melalui blog seorang penulis yang sudah terkenal. Tapi adakalanya walaupun kamu sudah belajar menulis dengan berbagai macam cara diatas tadi, namun sampai saat ini kamu belum juga berani untuk praktek menulis.


Belum berani untuk mulai praktek menulis, bisa disebabkan banyak hal. Tapi hal yang paling sering jadi sebab kamu belum praktek menulis adalah karena “ketakutan-ketakutan” yang ada didalam pikiranmu sendiri. Ketakutan-ketakutan yang sebenarnya hanya dalam bayanganmu saja, karena belum tentu juga itu terjadi dalam kenyataannya.


Apa saja ketakutan-ketakutan menulis yang sering di alami oleh penulis pemula? Yuk, kita bahas bersama-sama.


Ketakutan-Ketakutan Yang sering di Alami Oleh Penulis Pemula :

#1. Takut Tulisannya Jelek dan Tidak Ada Yang Membaca

Namanya juga sedang belajar menulis, ya pasti tulisannya tidak langsung bagus dan nikmat dibaca. Kalau kamu ingin belajar menulis, maka mulai saja saat ini untuk praktek menulis. Tak perlu di tunda-tunda terus menulisnya, buanglah rasa malas menulis. Dan menulislah sekarang juga!


Taukah kamu? bahwa  semua penulis yang sekarang sudah hebat dan terkenal, dulunya juga tulisannya jelek dan tidak ada yang membaca. Tapi karena mereka tetap semangat menulis dan terus berjuang untuk praktek menulis setiap hari. Maka sekarang hasilnya luar biasa, tulisan mereka sangat bagus dan banyak juga pembacanya. Buku-bukunya pun banyak yang menjadi best seller.  *Ayoo mulai menulis sekarang juga!



#2. Takut Tulisannya Tidak Ada Yang Like/Suka, Comment/Komentar, dan Share/Bagikan

Kalau kamu mau menulis, maka yang harus kamu sadari adalah NIAT kamu dalam menulis. Janganlah kamu menulis karena cuma ingin dapat like/suka(tanda jempol), dapat comment/komentar, dan juga ingin banyak yang share/bagikan tulisan kamu. Kalau itu yang kamu lakukan saat ini, maka nantinya kamu akan banyak kecewanya. Karena bisa jadi tulisanmu tidak ada yang like, commnent dan share.  *sakitnya tuh disini.....


Alangkah lebih baik, ubah niat kamu dalam menulis. Menulislah hanya untuk BERBAGI kepada banyak orang. Yaitu berbagi hal-hal kebaikan yang bermanfaat dan menginspirasi. Tulis saja apa yang kamu sukai/hobi kamu, apa yang kamu kuasai/keahlian kamu dan apa yang sudah kamu alami/pengalaman hidup kamu.



#3. Takut Tulisannya Ada Yang Mengkritik

Kalau kamu takut tulisanmu dikritik, maka sampai kapanpun kamu tak akan berani untuk mulai menulis. Sebenarnya, kritikan dari orang lain itu adalah “nasehat berharga” untuk kamu sendiri. Yaitu agar kamu memperbaiki tulisanmu menjadi lebih baik lagi. Memang sih terkadang kritikan itu banyak dengan bahasa yang “kasar”, maka nya kamu jadi down/malas menulis lagi.


Ayo semangat menulis lagi, jangan pernah takut jika ada yang mengkritik tulisanmu. Kalau ada yang mengkritik tulisanmu, itu artinya tulisanmu ada yang membaca dan memperhatikan. Bersyukurlah, inilah saatnya kamu untuk introspeksi diri dan lebih tekun belajar menulis.  *Tetap Semangat ya!




*Apapun yang orang lain katakan tentang tulisanmu, terimalah dengan lapang dada. Tetaplah semangat menulis dan teruslah menulis setiap hari. (Dani Kaizen)


Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Senin 11 Januari 2016, Jam 14.18 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...