Sabtu, 16 Januari 2016

Jadilah Pembaca Pertama Tulisanmu #16


Tulisan yang bagus dan menarik tidak bisa terjadi dengan begitu saja(baca : dengan instan). Pastinya dibutuhkan proses yang lama dan panjang. Seorang penulis yang produktif dan hebat disaat ini, pasti karena dia dulu juga melalui perjuangan yang luar biasa sekali. Kita seringnya hanya melihat ketika dia kini sudah menjadi penulis yang terkenal dan buku-bukunya banyak yang menjadi best seller. Tapi kita tidak/belum tau, bagaimana dia dalam berjuang saat dulu mulai belajar menulis pertama kali.


Saat pertama dulu belajar menulis, penulis yang terkenal, sudah pasti tulisannya tidak sebagus tulisannya disaat ini. Tapi karena dia mau belajar dengan sungguh-sungguh dan terus praktek menulis setiap hari. Tak pernah putus asa  jika mengalami hambatan dalam menulis. Dan selalu semangat menulis, walaupun banyak tantangannya. Maka lama-kelamaan tulisannya menjadi lebih bagus, menarik dan nikmat dibaca.


Apakah kamu juga ingin tulisanmu lebih bagus, menarik dan nikmat dibaca? Kalau itu yang kamu inginkan, maka kamu sudah sangat “tepat” sekali mampir di blog ini dan membaca artikel ini. Karena hari ini, saya akan share/membagikan tips menulisnya, yaitu cara agar tulisanmu lebih bagus, menarik dan nikmat dibaca.


#1. Menulislah Apa Yang Paling Kamu Kuasai/Keahlian Kamu

Langkah pertama agar tulisanmu bagus, menarik dan nikmat dibaca adalah menulislah apa yang paling kamu KUASAI, maksudnya adalah kamu menulis apa yang menjadi keahlian kamu, kelebihan kamu dan kemampuan kamu di saat ini. Dengan menulis apa yang kamu kuasai, maka kamu juga menulisnya menjadi lebih mudah dan lancar.


Tapi ingat ya, jangan menulis apa yang kamu tidak kuasai/bukan keahlian kamu. Nanti kamu akan jadi malas dan bosan menulisnya, karena kamu akan merasa kesulitan saat mulai menulisnya. Dan jadilah diri sendiri, jangan meniru gaya tulisan orang lain. Menulislah dengan gaya tulisan kamu sendiri, dan mulailah menulis sekarang juga!



#2. Menulislah Setiap Hari

Setelah kamu mulai menulis hal-hal yang kamu kuasai/keahlian kamu. Maka langkah selanjutnya adalah praktek menulis setiap hari. Ya betul, menulis setiap hari. Agar kamu tidak bingung dan mudah menulis setiap hari, maka menulislah apa yang sedang kamu RASAKAN saat ini. Rasa sedih, senang, susah, gembira, kecewa, bahagia dll. Pokoknya apapun yang sedang kamu rasakan saat ini, tulis saja.


Memang sih pada awalnya menulis setiap hari itu terasa sulit. Tapi yakinlah, lama-kelamaan menulis setiap hari itu akan terasa mudah dan menyenangkan. Rahasia menulis setiap hari itu sebenarnya mudah banget. Apa rahasianya? Kamu pengin tau aja.....atau pengin tau banget??  Hehehe......Rahasianya adalah “janganlah suka menunda-nunda menulis”, karena kalau kamu menunda –nunda menulis di hari ini, maka saya jamin besok pasti kamu akan semakin malas untuk menulis.  *Menulislah sekarang juga!



#3. Jadilah Pembaca Pertama Tulisanmu

Apa maksud kalimat “ Jadilah pembaca pertama tulisanmu?”  Maksudnya adalah kamu menjadi orang yang pertama membaca tulisanmu. Setelah kamu menyelesaikan tulisanmu. Maka sebelum kamu publish/terbitkan di blog, kamu harus membaca dulu tulisanmu sampai selesai, kalau bisa baca mimimal 2 kali. Dan kemudian edit/perbaiki tulisan yang salah/typo. Tujuannya buat apa? Agar tulisanmu lebih enak dan nikmat dibaca.


 Kesalahan yang sering dilakukan penulis pemula adalah terkadang dia langsung publish/menerbitkan tulisannya di blog, sebelum dia membacanya terlebih dulu. Maka nya sering saya temui, tulisan yang tidak nikmat dibaca. Karena banyak “typo”(salah mengetik), penempatan kata yang tidak pas, atau paragraf yang terlalu panjang dll. Oh ya, lebih bagus lagi, setelah tulisanmu kamu publish, sebaiknya baca kembali tulisanmu sampai akhir, mungkin saja masih ada typo(salah mengetik) yang terlewat dalam tulisanmu.


*Apakah kamu sudah menjadi pembaca pertama tulisanmu?



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Sabtu 16 Januari 2016, Jam 22.40 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...