Kamis, 07 Januari 2016

7 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tubuh Kamu Tetap Sehat dan Bugar #07


Semua orang pasti tidak suka jika mengalami sakit, karena sakit itu tidak enak dan membuat banyak aktifitas kamu jadi terganggu. Sakit juga sering membuat repot keluarga kamu, terutama Ibu dan Bapak. Bapak yang pusing memikirkan biaya rumah sakit. Dan Ibu yang jadi kurang tidur, karena malamnya begadang menjaga kamu opname di rumah sakit. Sungguh sangat besar jasa kedua Orang Tuamu saat kamu sedang sakit, maka nya mulai hari ini jagalah kesehatan tubuhmu, agar kamu tidak mudah sakit dan merepotkan Orang Tuamu lagi.


Sakit memang bisa di alami oleh semua orang, tapi hanya sedikit yang bisa “belajar dari sakit” yang pernah di alaminya. Memang sih pada saat kamu sakit, kamu baru “sadar dan menyadari” bahwa kesehatan itu sangat nikmat dan berharga sekali dalam hidup. Kesehatan itu sering baru terasa nikmatnya justru ketika kamu sedang sakit. Oleh karena itu, daripada kamu nanti “tersiksa” saat sakit, maka jagalah kesehatanmu dengan sebaik mungkin mulai sekarang juga. Agar nantinya kamu tidak menyesal telah menyia-nyiakan nikmat sehat yang telah di berikan oleh Tuhan.


Untuk menjaga kesehatan tubuhmu agar kamu tidak mudah sakit, saya punya 7 tips sederhana yang harus kamu lakukan setiap harinya. Langsung saja ya....inilah 7 tips menjaga kesehatan agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar.


“ 7 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tubuh Kamu Tetap Sehat dan Bugar”

#1. Berpikir Positif

Usahakanlah kamu untuk selalu berpikir positif, karena pikiran yang positif akan membuat sistem “kekebalan tubuhmu” meningkat dan menjadi lebih baik. Dan dengan berpikir positif, maka kamu tidak mudah stress. Sebab kalau kamu stress, maka kamu akan jadi mudah sakit.  Oh ya, jika kamu ada masalah, maka tetaplah berpikir positif. Dan percayalah, segala masalah pasti ada solusinya/jalan keluarnya.  *Berpikir positif itu termasuk juga berprasangka baik kepada orang lain.


#2. Perbanyaklah Bersyukur  Kepada Tuhan

Bersyukur itu bukanlah hanya cukup mengucap Alhamdulillah(Segala Puji Bagi Allah) dan beribadah kepada-NYA saja. Bersyukur kepada Tuhan itu juga meliputi berbagai hal, misalnya berkata yang baik, menulis yang baik-baik saja, berkomentar dengan baik, share/membagikan link yang benar/bukan hoax(berita bohong), bertindak dengan benar dan baik, menggunakan tubuhmu hanya untuk kebaikan(tidak melakukan maksiat), berbuat baik kepada orang lain dll.


#3. Menjaga Pola Makan dan Minum

Orang yang tidak menjaga pola makan dan minumnya, biasanya dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Penyakit akan mudah datang jika kamu makannya rakus dan minumnya juga sembarangan. Kalau kamu ingin tetap sehat, maka makanlah hanya makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Contohnya makan buah dan sayur. Perbanyaklah minum air bening, minimal 8 gelas sehari. Kalau aktifitasmu berat dan melelahkan, maka minumlah lebih dari 8 gelas sehari. Oh ya, biasakan juga kamu sebelum tidur dan setelah bangun tidur, minumlah 2 gelas air bening/putih.


#4. Berolahraga Secara Teratur dan Terukur

Cara yang paling baik menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dan terukur. Teratur artinya olahraganya terjadwal, misalnya berolahraga 4-5 kali dalam seminggu. Terukur artinya olahraganya tidak berlebihan, lakukanlah olahraga 1- 2 jam saja. Berolahraga secara berlebihan justru malah membuat tubuh kamu kelelahan dan jadi sakit.  Pilihlah olahraga yang paling kamu sukai, lebih baik lagi olahraganya bersama teman-teman kamu.   *saran saya adalah olahraga yang mudah saja, seperti joging(lari santai), gowes(bersepeda santai), jalan kaki santai dll.


#5. Beristirahat Dengan Cukup  

Setelah kamu bekerja, tubuh kamu pasti akan capai. Begitupun juga sesudah kamu berolahraga, tubuh kamu pasti juga akan lelah. Maka nya sangat penting banget kamu untuk beristirahat dengan cukup. Beristirahat itu membuat tubuh kamu menjadi fresh dan fit lagi. Dan cara paling baik untuk beristirahat adalah dengan tidur. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat dan bugar lagi.


 #6. Hindari(Berhentilah) Merokok dan Minuman Beralkohol/Minuman Keras

Kalau kamu belum merokok dan minum minuman beralkohol, maka lebih baik hindari. Jangan pernah mencobanya sekalipun, karena sekali mencoba, nantinya kamu akan sulit untuk berhenti. Kalau kamu sekarang sudah kecanduan merokok dan minuman beralkohol, maka segeralah STOP/berhenti sekarang juga. Karena percayalah , hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol itu jauh lebih nikmat dan menyenangkan. Sekali lagi, berhentilah merokok dan minum minuman beralkohol mulai hari ini juga. Sebelum nantinya kamu menyesal dan kamu masuk rumah sakit  serta tak tertolong lagi alias sekarat(paru-paru dan livermu rusak).


 #7. Sering-seringlah Piknik

Pikiran ruwet dan kepala pusing karena banyak pekerjaan, akan membuat sistem “kekebalan tubuhmu” menurun dan gampang sakit. Bekerja keras memang baik untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tapi kalau kamu terlalu berlebihan dalam bekerja, maka tubuh kamu akan kelelahan dan jadi sakit. Dan biar kamu tidak stress dan sakit karena banyak pekerjaan , maka sering-seringlah piknik bersama keluargamu ke tempat-tempat yang indah. Nikmati kebersamaan yang membahagiakan dengan keluargamu. Atau kamu juga bisa piknik bersama teman-teman sekolah/kuliahmu.   *ingatlah bro, orang yang kurang piknik itu gampang jatuh sakit......maka pikniklah!! :-)



Teman-teman....Selalu ingatlah kata-kata bijak ini : “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati.”  Artinya adalah mencegah itu dengan cara mengubah pola hidupmu yang tidak sehat/buruk menjadi pola hidup sehat. Bagaimana caranya? Ya segera mulai hari ini juga praktekkanlah 7 tips diatas.


*Kesehatan adalah harta kamu yang paling berharga di dunia ini, maka jagalah harta kamu dengan sebaik-baiknya. Karena dengan tubuh yang sehat, maka bekerja jadi semangat, beribadah jadi nikmat, beraktifitas jadi lebih mudah dan lancar. (Dani Kaizen)


Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Kamis 07 Januari 2016, Jam 20.32 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...