Sabtu, 02 Januari 2016

7 Tips Gowes/Bersepeda Untuk Pemula #02


Setiap minggu pagi saya lagi suka banget gowes (baca : olah raga bersepeda) bersama teman-teman. Mengapa saya suka gowes/bersepeda? Karena olah raga bersepeda itu sangat mudah dilakukan dan juga menyenangkan -pakai banget-. Mudah karena bisa dilakukan oleh siapapun juga, dari anak-anak hingga orang tua juga bisa. Menyenangkan karena gowes bersama teman-teman itu sangat membahagiakan hati.


Jika dalam minggu ini, kamu ingin mencoba olahraga bersepeda bersama teman-teman kamu, maka lakukanlah gowes secara bertahap. Misalnya gowes dengan jarak dekat dan jalan yang datar terlebih dulu. Oh ya, kebetulan sekali, hari ini saya akan share/membagikan “7 tips gowes/bersepeda yang sangat penting untuk pesepeda pemula”. Tips ini sangat bagus sekali untuk kamu-kamu yang baru mulai berolahraga bersepeda.


7 Tips Gowes/Bersepeda Untuk Pemula :

#1. Gowes Tidak Harus Pakai Sepeda Yang Bagus dan Mahal

Pakailah sepeda yang kamu punya dulu. Apapun jenis sepedamu, pakai saja, tak usah malu dan tak usah ragu. Sepeda bagus dan mahal bukanlah hal yang paling penting dalam bergowes, yang paling penting adalah “semangat genjot” sepedanya dan juga menikmati saat gowes.   (*sepeda saya juga sepeda MTB jadul dan jelek, tapi saya tetap semangat gowesnya....hehehe)



#2. Gowes Tidak Harus Pakai "Jersey Khusus Bersepeda ”  
(termasuk helm sepeda, kaos tangan, kacamata, tas punggung dll).

Saat gowes, kamu cukup pakai kaos oblong dan celana pendek juga sudah enak untuk bersepeda. Oh ya, jangan lupa pakai sepatu kets/olahraga, biar lebih enak buat genjot sepedanya.   *kalau kamu sudah ada uang, silakan beli jerseynya 



#3. Gowes Tidak Usah Ngebut dan  Cepat-Cepatan Sampai ke Tujuan

Gowes/bersepeda bersama teman-teman kamu, tujuannya bukanlah untuk jadi pemenang(baca : yang paling cepat). Tujuan gowes bareng/bersama itu adalah KEBAHAGIAAN. Yaitu menikmati setiap proses perjalanan gowesnya. Menikmati pemandangan alam dikota kamu.  *Bersepeda itu menyehatkan, asyik dan bahagia. 



#4. Gowes Tidak Harus Menempuh Rute Yang Jauh, Tanjakan Ekstrim, atau Turunan Yang Ekstrim

Gowes di sekitar kota kelahiranmu juga sudah cukup oke. Untuk pemula, lebih baik gowes jangan jauh-jauh. Jalannya juga yang datar-datar saja, biar gowesnya semangat. Jangan lupa, selalu bawa air bening dalam bergowes, agar saat kamu kelelahan dan haus, kamu tinggal minum saja. 



#5. Gowes Tidak Harus diLakukan Setiap Hari

Kalau kamu gowes setiap hari, nantinya kamu malah jadi cepat bosan, dan tubuh kamu bisa-bisa menjadi terlalu lelah dan akhirnya malah sakit. Memang sih sebaiknya gowes dilakukan 3-4 kali dalam seminggu, biar hasilnya memuaskan. Tapi kalau kamu sibuk, minimal lakukanlah gowes bareng teman-teman kamu 1 minggu sekali. Biasanya gowesnya pas hari minggu pagi.



#6. Gowes Tidak Harus diLakukan Pada Waktu Pagi Hari

Kalau kamu sulit gowes dipagi hari(hari senin-sabtu), mungkin karena waktunya mepet untuk bekerja dan sekolah/kuliah. Kamu juga bisa gowes di waktu sore hari bersama teman2 kamu. Gowes sore hari juga asyik dan menyenangkan.  *Tapi usahakanlah kalau hari minggu gowesnya di pagi hari bersama teman-teman komunitas sepeda di kota kamu. 



#7. Gowes itu Tidak Harus Selalu Bersama Teman-Teman Kamu

Kalau belum ada teman untuk bisa diajak gowes bersama, maka lakukan saja gowes sendirian. Siapa tau nanti diperjalanan kamu bertemu dengan orang lain yang juga sedang gowes sendirian. Dan kamu bisa ajak untuk gowes bareng/bersama.   *Saran saya, ikutlah klub/komunitas sepeda dikota kamu, nanti disana kamu akan bertemu banyak teman-teman yang suka gowes juga. 



=> Intinya adalah kalau kamu mau gowes, janganlah kebanyakan mikir, jangan kebanyakan alasan dan juga jangan kebanyakan mengeluh. Goweslah dihari ini juga, gak pakai TAPI/banyak alasan dan juga gak pakai NANTI/suka menunda-nunda. 


*Selamat bersepeda.....salam gowes.....kriing....kriiing....kriing... 
J
(Dani Kaizen - Goweser dari Purbalingga, Jawa Tengah)



Penulis : Dani Kaizen




2 komentar:

  1. Yang penting bisa Injak Pedal ya om... mau pemula apa ekspert...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fans Gowes, ya betuuull.....yg penting semangat genjotnya..... :-)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...