Sabtu, 09 Januari 2016

3 Tips Mudah Mendapatkan Ide Tulisan #09


Kalau kamu sudah lama tidak menulis, memang sulit untuk memulai menulis lagi. Mau menulis lagi di blog kamu sendiri saja , rasanya malas banget. Bahkan sudah satu bulan lebih kamu tak pernah mengunjungi blogmu. Blog kamu yang dulu setiap hari ada tulisan baru, sekarang dibiarkan kosong melompong, berdebu, kotor dan mungkin juga sudah berhantu. Ke-inginan kamu untuk bisa konsisten menulis setiap hari di blogmu, ternyata kalah oleh kesibukanmu didunia nyata. (baca : sibuk kerja/kuliah/sekolah dll).


Selain karena kesibukanmu didunia nyata, sekarang kamu sudah tidak pernah menulis di blogmu, mungkin saja karena kamu tidak punya “ide tulisan”. Sudah didepan komputer /laptop kamu dan mau menulis(baca : mengetik), tapi tiba-tiba  bingung mau menulis apa ya?  Pikiran saat itu seakan-akan menjadi kosong dan buntu. Jari-jari tangan juga enggan dan malas untuk mengetik huruf-huruf pada tuts keyboard.  *Apakah kamu pernah mengalaminya?


Kalau itu yang sedang kamu alami sekarang ini. Mengalami kemalasan menulis karena tidak punya ide tulisan. Maka hari ini, saya akan share/bagikan tips menulis, bagaimana cara mudah untuk mendapatkan ide tulisan. Tips menulis ini adalah hasil pengalaman saya sendiri, yaitu saat saya lagi bingung menulis karena tidak punya ide tulisan. Ternyata solusinya mudah sekali, kamu hanya tinggal lakukan saja kegiatan ini, yaitu :  “membaca, membaca dan membaca.”  Apa yang harus saya baca? Baca saja tulisan dibawah ini :


#1. Membaca Buku (Buku Cetak)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca buku. Kenapa harus membaca buku? Karena setelah kamu nanti membaca buku, maka kamu akan mendapatkan banyak ide tulisan yang ingin kamu tulis. Sebenarnya, membaca dan menulis itu adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Artinya adalah jika kamu ingin mudah dan lancar dalam menulis, maka kamu harus banyak membaca buku. Membaca buku-buku yang berkualitas akan membuat otakmu/pikiranmu penuh dengan stok ide tulisan. 


*Recommended book  : buku2 pengembangan diri, buku biografi orang sukses, buku cerita2 inspiratif, buku bisnis/penjualan, komik/manga, buku/novel best seller dll



#2. Membaca Ebook (Buku Elektronik)

Selain membaca buku cetak, kamu juga bisa membaca buku elektronik alias ebook. Banyak sekali ebook bertebaran didunia maya/internet. Kamu tinggal download saja, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Pilihlah hanya ebook-ebook yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan membaca ebook/buku elektronik, maka kamu akan mendapatkan banyak ide tulisan. Kalau kamu sudah punya ide tulisan, kan kamu jadi mudah untuk mulai menulis lagi. 


*Recommended Ebook :

Download ebook gratis (duniadownload)

Download ebook berbayar (rumahbukudigital)



#3. Membaca Blog (BlogWalking)

Karena saya adalah seorang blogger(penulis blog), maka saya sering blogwalking alias jalan-jalan ke blog orang lain. Apa itu blogwalking? Blogwalking adalah membaca tulisan blog orang lain dan berkomentar di blog tersebut. Blogwalking itu sangat bagus untuk seorang blogger, karena dari blogwalking, maka kamu akan mendapatkan banyak ide tulisan. Ide tulisan yang kamu dapatkan dari blogwalking, biasanya justru tak pernah terpikirkan oleh pikiran kamu.  *Tak punya ide untuk menulis? silakan blogwalking sekarang juga!


*Recommended Blog : ( 7 blog yang sebaiknya kamu kunjungi)

#1. Jamil Azzaini => http://jamilazzaini.com/

#2. Andrie Wongso  =>  http://www.andriewongso.com/ 

#3. Mario Teguh  => http://marioteguh.tumblr.com/  

#4. Abdul Cholik => http://www.abdulcholik.com/

#5. Brili Agung  => http://briliagung.com/

#6. Maxmanroe => https://www.maxmanroe.com/

#7. Romo Dewa  => http://romodewa.net/  


Oh ya, kamu juga bisa membaca tulisan-tulisan keren dan inspiratif dari para pejuang  #30DWC (30 Day writing Challenge)



*Janganlah suka menunggu ide tulisan datang kepadamu, ide tulisan itu harus dijemput. Jemputlah ide tulisan itu dengan membaca, membaca dan membaca. (Dani Kaizen)



Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Sabtu 09 Januari 2016 , Jam 19.19 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...