Rabu, 23 Desember 2015

Cara Mudah Menulis Bagi Orang Yang Sibuk (Hari ke #23 - #31DWC)


Sibuk dengan pekerjaan adalah salah satu alasan yang sering jadi masalah dalam kegiatan menulis. Ingin banget menulis, tapi selalu terbentur dengan kesibukan kerja atau aktifitas yang lainnya. Bekerja dari pagi sampai sore hari, bahkan terkadang sampai malam hari/lembur. Sehingga saat ada keinginan menulis, tubuh sudah lelah dan mata juga sudah mengantuk.  *Apakah itu yang sedang kamu alami?


Alasan sibuk bekerja atau sibuk yang lainnya ( sibuk sekolah / kuliah / mengurus anak ), bukanlah masalah yang terlalu berat untuk bisa menulis. Karena kita semua tau, bahwa semua manusia didunia ini, diberikan waktu yang sama selama 24 jam dalam satu hari. Jadi masalah yang sebenarnya adalah karena kamu tidak bisa “me-manajemen waktu” alias kamu tak bisa mengatur waktumu dengan baik dan efektif.  


Pertanyaannya sekarang adalah : Apakah bisa orang yang sibuk itu menulis? bisa banget...... Bagaimana caranya? Caranya mudah dan bisa kamu praktekkan sekarang juga. Di bawah ini saya akan share/bagikan tips menulis bagi orang yang sibuk. Inilah tipsnya :



#1. Niat Menulis

Apapun pekerjaan yang ingin kamu kerjakan, sebaiknya harus diniatkan terlebih dulu. Karena tanpa niat yang kuat untuk menulis, maka kamu akan menjadi malas dan suka menunda-nunda menulis.

Niat itu adalah modal pertama dan utama kamu dalam menulis. Dengan adanya niat menulis, maka nantinya kamu jadi semangat menulisnya.  



#2. Buat Jadwal Menulis

Setelah kamu sudah niat menulis, maka langkah selanjutnya adalah buatlah jadwal menulismu. Mengapa harus membuat jadwal menulis? Karena dengan  adanya jadwal menulis, maka kamu nanti jadi teratur dan tertib menulisnya.


Contohnya, buatlah jadwal menulis dalam 1 minggu, 2 kali menulis. Artinya setiap hari libur(sabtu dan minggu) kamu harus menulis. Menulislah minimal 1- 2 jam atau menulis minimal 1 halaman. Waktunya boleh pagi atau malam hari, yang penting kamu enjoy/menikmati saat menulis.



#3. Fokus Menulis

Sesudah membuat jadwal menulis, saatnya kamu ikuti aturan jadwal menulismu. Fokuslah dalam menulis, jangan menulis sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Agar kamu tetap fokus menulis, saya sarankan matikan semua gadgetmu (HP/BB/Smartphone), Matikan/keluarlah dari akun social mediamu (facebook/twitter/instagram/path dll), matikan TV dan internetmu.


Kamu hanya boleh buka komputer dan menulislah di microsoft words atau menulislah di buku tulismu. Menulis dan teruslah menulis, jangan berhenti sebelum tulisanmu selesai.  *Selesaikanlah tulisanmu.....



*Kesibukan bukanlah masalah dalam menulis, yang menjadi masalah adalah karena kamu tak bisa mengatur waktumu dengan baik. Aturlah waktumu sekarang juga!


Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Rabu 23 Desember 2015, Jam 22.45 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...