Selasa, 17 November 2015

Cara Mudah Untuk Hidup Sukses Dan Bahagia (#30DWC - Hari ke #28)


Taukah kamu? banyak orang yang beranggapan bahwa sukses itu sama dengan bahagia. Padahal sukses dan bahagia itu berbeda artinya. Karena orang yang sukses, belum tentu dia bahagia. Dan begitupun juga orang yang bahagia, belum tentu dia adalah orang yang sukses. Tapi, sebenarnya apa sih arti sukses dan bahagia?



Menurut yang saya tau, arti SUKSES adalah “mendapatkan apa yang kamu inginkan”. Sedangkan BAHAGIA adalah “memaknai apa yang sudah didapatkan”. Sukses adalah sampai di tujuan, kalau bahagia adalah menikmati proses dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut. Sukses itu terlihat dari luar oleh orang lain, sedangkan bahagia itu adanya didalam diri kamu sendiri(di hatimu). Yang pasti adalah sukses itu nanti, kalau bahagia itu sekarang/saat ini juga.


Jadi gimana nih, cara mudah untuk hidup sukses dan bahagia? Sebenarnya ada banyak caranya, tapi saya hanya akan tulis 6(enam) cara yang paling penting dan utama dalam mencapai hidup sukses dan bahagia. 3(tiga) cara yang pertama adalah cara mudah untuk hidup sukses, sedangkan yang 3(tiga) lagi adalah cara mudah untuk hidup bahagia.


3(Tiga) Cara Mudah Untuk Hidup Sukses  :

#1. Buku Apa Yang Sering Kamu Baca?

Hidup sukses itu ada ilmunya, dan cara paling gampang mendapatkan ilmu sukses adalah dengan membaca buku. Bacalah buku setiap hari, pahami isi bukunya, dan kalau sudah paham, maka segera praktekkan isi buku tersebut. Tapi ingat, tidak semua  buku harus kamu baca, bacalah hanya buku2 yang berhubungan dengan kesuksesan, misalnya buku2 pengembangan diri/motivasi, buku2 biografi orang sukses, buku2 cerita inspiratif orang yang sukses dll.


Buku-buku yang sering kamu baca, itu pasti akan mempengaruhi pikiranmu. Pikiranmu akan berubah menjadi lebih terbuka/open mind. Dengan membaca buku tentang kesuksesan akan membuat kamu lebih tau cara yang efektif untuk hidup sukses. Jadi nantinya kamu tidak ngawur dalam melakukan sesuatu, karena kamu sudah tau cara yang benar untuk meraih sukses.


#2. Dengan Siapa Kamu Berteman Saat Ini?

Setelah kamu membaca buku-buku tentang kesuksesan hidup, maka langkah selanjutnya adalah bertemanlah dengan orang-orang yang telah sukses tersebut. Mintalah nasehat kepada orang tersebut. Dengarkan nasehatnya dengan baik dan catatlah nasehatnya agar kamu tidak lupa.


Kalau lingkungan kamu tidak kondusif(baca: tidak mendukung), maka segeralah kamu pindah ketempat yang baru. Beranilah untuk “hijrah” ke tempat baru dan berkumpullah dengan orang-orang yang positif. Yaitu orang-orang baik yang telah sukses dan mereka suka berpikir positif dan senang juga berbagi kebaikan.


#3. Tindakan Apa Yang Sudah Kamu Lakukan di Hari Ini?

Sesudah kamu membaca buku-buku tentang kesuksesan, kemudian kamu juga sudah berteman dengan orang-orang sukses. Maka langkah selanjutnya adalah segera PRAKTEKKAN apa yang ada didalam buku tersebut dan juga praktekkanlah nasehat dari orang sukses tersebut. Ingatlah, ilmu/teori itu memang penting, tapi yang lebih penting adalah ACTION/bertindak.


Ilmu pengetahuan tentang sukses tak akan ada gunanya, kalau cuma dihapal doang. Ilmu itu hanya akan ada gunanya, ketika ilmu itu kamu praktekkan dalam dunia nyata. Praktekkanlah ilmu sukses yang sudah kamu punya sekarang juga, kemudian FOKUSlah kepada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini.



3(Tiga) Cara Mudah Untuk Hidup Bahagia :

#1. Biasakanlah Untuk Berpikir Positif

Bahagia itu dimulai dari pikiranmu, kalau pikiranmu selalu positif, maka bahagia akan mudah kamu raih. Sebaliknya, kalau kamu selalu berpikir negatif, maka bahagia juga akan sulit kamu raih. Pikiran positif akan membuat hari-harimu menjadi bahagia, karena pikiran yang positif akan menimbulkan tindakan positif juga.


Bagaimana cara agar kita senantiasa berpikir positif? Bacalah buku2 yang berkualitas dan bermutu. Tontonlah TV hanya acara-acara yang bagus saja, makanlah makanan yang bergizi, minumlah minuman yang menyehatkan. Kemudian bertemanlah dengan orang-orang positif yaitu orang-orang yang senang berbagi kebaikan.


#2. Perbanyak Bersyukur Kepada Tuhan

Jika kamu banyak bersyukur kepada Tuhan didalam hidupmu, maka kamu akan mudah untuk bahagia. Begitupun juga sebaliknya, kalau kamu sukanya mengeluh dan menyalahkan orang lain, maka hidupmu akan sulit untuk  bahagia. Karena kalau kamu setiap hari terlalu sibuk mengeluh, maka kamu pasti akan lupa untuk bersyukur dan menikmati hidup ini.


Bersyukur itu bukanlah hanya dalam keadaan sehat dan senang saja, tapi bersyukurlah dalam keadaan apapun juga. Walaupun kamu saat ini lagi dalam keadaan sakit dan susah, maka alangkah indahnya kalau kamu tetap bersyukur.   *Terimakasih Tuhan, saya masih diberikan kesempatan hidup di hari ini.   


#3. Berbagi Kebaikan dan Kebahagiaan Kepada Orang Lain

Setelah kamu membiasakan diri untuk senantiasa “berpikir positif” dan “banyak bersyukur” kepada Tuhan. Maka langkah selanjutnya adalah “berbagilah kebaikan dan kebahagiaan” kepada orang lain. Kebaikan apapun yang sudah kamu lakukan kepada orang lain, maka pasti juga akan kembali lagi kepada dirimu. Karena sudah hukumnya, bahwa setiap perbuatan pasti akan kembali lagi kepada pembuatnya.


Cara paling mudah agar kamu bahagia adalah bahagiakanlah orang lain terlebih dulu. Setelah orang lain bahagia, maka otomatis hatimu pasti akan merasakan bahagia juga. Bahagiakanlah keluargamu, bahagiakanlah Orang Tuamu/Ayah dan Ibumu, dan bahagiakanlah orang-orang yang kamu cintai dan sayangi.


*Dan yang paling penting adalah “Bahagialah sekarang juga”, gak pakai syarat dan juga gak pakai alasan.  J



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga , Selasa 17 November 2015, Jam 23.37 WIB






2 komentar:

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...