Rabu, 25 Januari 2017

Apa Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Sakit? #Day25


Apakah hari ini kamu sedang sakit? Atau kamu malah sudah lama sakit dan belum sembuh-sembuh juga?  Yaps, yang namanya hidup di dunia ini, pasti pernah merasakan sakit. Ada yang sakitnya ringan/biasa saja dan ada juga yang sakitnya berat/parah. Ada yang saat sakit , terus mengeluh dan putus asa, bahkan ingin bunuh diri. Ada juga yang saat sakit, mereka tetap sabar dan terus berupaya berobat untuk kesembuhannya.


Siapa sih yang ingin sakit dalam hidup di dunia ini? Saya yakin, semua orang tak ada yang mau sakit, semua orang pasti ingin selalu sehat dalam hidupnya. Tak ada satupun orang yang ingin dalam hidupnya sakit-sakitan terus. Mereka kalau lagi sakit, pasti ingin sembuh dan sehat kembali seperti sedia kala.



Dan jika di hari ini kamu sedang sakit, maka janganlah kamu suka mengeluh, apalagi menyalahkan Tuhan atas kondisimu saat ini. Percayalah, tak ada satupun kejadian di dunia ini yang terjadi dengan sia-sia/percuma. Semua yang terjadi pasti akan ada hikmahnya/pelajaran berharga dalam kehidupanmu. Begitupun juga sakit yang sedang kamu alami saat ini. Pasti ada hikmahnya juga.



Ingatlah, sakit bukanlah musuhmu, sakit adalah “guru kehidupanmu”, yaitu guru yang akan mengajarkanmu arti sabar dan ikhlas yang sesungguhnya. Percayalah, sabar dan ikhlas yang sesungguhnya, tak akan mungkin bisa kamu temui dalam buku-buku yang kamu baca. Di dalam buku hanyalah berisi teori saja, sedangkan praktiknya harus kamu “alami” di dalam hidup ini.



Oleh karena itu, ada tiga hal yang sebaiknya kamu lakukan saat kamu sedang mengalami sakit. Apa saja tiga hal tersebut?




Tigal hal yang sebaiknya kamu lakukan saat kamu sedang sakit :



#1. Menerima Dengan Ikhlas Sakitnya (Berdamai Dengan Sakit)

Inilah yang paling sulit dilakukan orang saat sedang sakit. Yaitu ikhlas menerima sakitnya. Karena kebanyakan orang kalau sedang sakit, pasti tidak terima dirinya sakit. Dan mereka tidak rela kalau dirinya saat ini sakit.

Oleh karena itu, mulai saat ini juga, jika kamu sedang sakit, maka hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah berdamailah dengan sakitmu. Terimalah sakitmu dengan lapang dada dan ikhlas. Percayalah, itulah nantinya yang akan cepat memproses penyembuhan sakitmu.  




#2. Sabar Menjalani Sakitnya (Tidak Suka Mengeluh dan Marah-Marah Kepada Orang Lain)

Kebanyakan saat orang sedang sakit, biasanya suka mengeluh dan gampang marah-marah kepada orang lain. Sebentar-sebentar mengeluh ini dan itu, pokoknya tiada hari tanpa keluhan. Padahal keluhannya tak akan mungkin bisa menyembuhkan sakitnya. Malah justru apa yang sering dikeluhkannya, hanya akan menambah sakit yang dideritanya.

Yups, mulai hari ini juga, berhentilah mengeluh dengan sakitmu. Yang paling baik adalah bersabarlah, yaitu sabar menjalani sakit yang sedang kamu alami saat ini. Sabar memang susah dan pahit saat sedang sakit. Tapi percayalah, sabar itu pada akhirnya akan berbuah manis. Buah manisnya adalah hati kamu akan  menjadi lebih tenang dan damai.




#3. Tetap Semangat Hidup (Tidak Putus Asa, Apalagi Sampai Menyerah)

Saat kita sedang sakit memang rasanya tak enak dan menderita. Apalagi kalau sedang sakit berat/parah sampai opname di rumah sakit. Taukah kamu, kebanyakan orang yang sedang sakit parah, misalnya sakit kanker. Mereka kebanyakan pada akhirnya mati, tapi ada juga yang sembuh dari sakitnya.

Orang-orang yang mati dalam sakitnya, kebanyakan adalah karena mereka sudah putus asa, mereka tak punya “semangat hidup” lagi dalam hatinya. Lama-kelamaan kekebalan tubuhnya akan semakin menurun dan itulah yang membuat penyakitnya tambah parah. Dan akhirnya membuat mereka meninggal dunia.

Sedangkan orang-orang yang bertahan dan akhirnya sembuh dari penyakitnya adalah karena mereka punya “semangat hidup” yang tinggi dalam hatinya. Semangat hidup dalam hatinya, akan membuat kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, dan itu juga yang membuat proses penyembuhannya lebih cepat terjadi.




Yakinlah , bahwa sehat dan sakit adalah keniscayaan dalam hidup di dunia ini. Semua orang pasti akan pernah mengalaminya. Yang paling penting adalah, saat kamu sedang sehat, maka jagalah sehatmu dengan baik. Dan saat kamu sedang sakit, maka tetaplah berobat dan tetaplah semangat hidup.



Oh ya, kalau kamu ingin proses penyembuhan sakitmu lebih cepat pulih. Maka kamu sebaiknya lakukan juga hal-hal berikut ini. Yaitu teruslah berpikir positif, maafkanlah kesalahan orang lain, maafkan dirimu sendiri juga. Dan jika kamu punya salah kepada orang lain, segeralah minta maaf, terutama minta maaf kepada Orang Tuamu.   J



“Sakit bukanlah musuhmu, ia adalah guru kehidupanmu. Terimalah sakitmu dengan hati ikhlas dan ambillah pelajaran berharga darinya.” (Dani Kaizen)



Baca juga tulisan di bawah ini :










*Tulisan ini saya tulis, saat saya sedang mengalami sakit demam, flu dan batuk.....
(Alhamdulillah.....terimakasih Tuhan.....hari ini saya masih diberikan rasa sakit.....itu tandanya adalah saya harus banyak istirahat, introspeksi diri dan berbagi rezeki kepada orang lain/Dokter/Rumah Sakit.)



Penulis : Dani Kaizen

Purbalingga, Rabu 25 Januari 2017, Jam 20.35 WIB 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...