Jumat, 02 Desember 2016

7 Sebab Yang Membuat Kamu Gagal Menjadi Seorang Penulis (Hari ke #2 - #30DWCJilid3)



M-E-N-U-L-I-S, 7 huruf  yang gampang diucapkan, namun terkadang sulit juga untuk dikerjakan. Buktinya masih banyak orang yang kepengin jadi penulis, tapi sampai sekarang belum juga praktik menulis. Ingatlah, yang namanya penulis itu ya memang kerjaannya menulis. Kalau setiap hari kamu cuma membaca tips menulis saja, itu sih namanya baru sekedar menjadi “pembaca”, bukan penulis.  



Membaca itu memang penting bagi seorang penulis, apalagi membaca tentang tips dan trik menulis bagi penulis pemula. Tapi menurut saya, yang lebih penting adalah “mulailah praktik menulis sekarang juga”. Karena kalau kamu gak mulai-mulai juga untuk menulis. Maka sampai kapanpun juga kamu akan jadi seorang pecundang(baca : penulis yang gagal). Dan di hari ini, saya akan berbagi tulisan tentang  : “mengapa banyak orang gagal menjadi penulis?”


Inilah 7 Sebab Yang Membuat Kamu Gagal Menjadi Seorang Penulis


#1. Tidak Mulai Praktik Menulis

Taukah kamu? yang namanya penulis itu ya harus menulis. Kalau kamu belum menulis ya artinya kamu itu cuma omdo/omong doang. Semua hal yang pertama kali memang terasa sulit, begitupun juga dengan yang namanya memulai menulis. Tapi yakinlah, bahwa berani mulai praktik menulis adalah langkah awal kamu menjadi seorang penulis.  *Ayo menulislah sekarang juga!



#2. Kebanyakan Mikir

Kalau kamu mau menulis ya menulis saja, gak usah kebanyakan mikir ini dan itu. Karena semakin kamu kebanyakan mikir, maka tulisanmu gak akan mungkin selesai-selesai. Bagaimana mungkin akan selesai, wong tulisanmu saja masih ada dalam pikiranmu (baca : belum ditulis).  *Berhentilah kebanyakan mikir, ganti saja dengan banyak menulis.......


#3. Kebanyakan Alasan

Saya gak bisa menulis, saya gak punya bakat menulis, saya gak punya ide tulisan, saya sibuk bekerja/sekolah/kuliah, saya capai, saya ngantuk, saya gak punya laptop, saya gak bisa mengetik 10 jari, dll. Itulah hal-hal yang sering menjadi alasan banyak orang kalau disuruh untuk menulis.  *Yuk berhentilah banyak alasan, mulailah menulis saat ini juga. Menulis apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan di saat ini.



#4. Suka Menunda-Nunda Menulis

Nah inilah hal yang sangat sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang belajar menulis, yaitu menunda-nunda menulis. Menunda-nunda menulis hanya akan membuat kamu menjadi seorang pemalas. Karena semakin kamu sering menunda-nunda menulis di hari ini, maka besoknya pasti kamu akan semakin malas untuk menulis.  *Berhentilah menunda-nunda menulis, dan mulailah menulis sekarang juga!



#5. Malas Menulis

Katanya mau jadi seorang penulis. Tapi disuruh menulis kok malas-malasan? Bagaimana mungkin kamu akan benar-benar menjadi seorang penulis? Kalau menulis saja kamu masih sering malas dan ogah-ogahan. Malas menulis bukanlah sifat seorang penulis. Yang namanya penulis itu, senang menulis dan semangat saat menulisnya.  *Ayo semangat menulis!



#6. Malas Membaca Buku

Membaca buku adalah kewajiban seorang penulis. Karena dari membaca bukulah, otak penulis akan menyimpan “tabungan” kosa kata  dan ide tulisan yang banyak. Kalau kamu membaca buku saja malas, mana mungkin tulisanmu akan bagus dan enak dibaca?  *Yuk mulai sekarang juga, banyak-banyaklah membaca buku, agar tulisanmu nanti semakin hari semakin bagus dan tentunya enak dibaca.



#7. Tidak Menulis Setiap Hari  

Menulis bukanlah pekerjaan satu kali atau dua kali saja, menulis juga bukan pekerjaan sehari atau dua hari saja. Bagi seorang penulis, menulis adalah pekerjaan seumur hidup. Hari ini menulis, besok menulis, dan sampai kapanpun juga masih tetap menulis.  *Menulislah setiap hari, menulis dengan hati senang dan bahagia.



Oke, itulah 7 sebab yang membuat kamu gagal jadi seorang penulis. Sekarang kamu sudah tau kan? Bagaimana? Masih kepengin jadi seorang penulis? Kalau masih, terus saja baca tulisan ini sampai selesai ya......


Maka yang harus kamu lakukan sekarang, agar kamu sukses menjadi seorang penulis adalah : Mulailah praktik menulis sekarang juga, kalau mau menulis jangan kebanyakan mikir, jangan kebanyakan alasan, dan jangan juga suka menunda-nunda menulis, semangatlah saat menulis, banyak membaca buku, dan yang terakhir menulislah setiap hari.



*Selamat menulis.......Salam #VirusMenulis J



Penulis : Dani Kaizen
Purbalingga, Jumat 02 Desember 2016, Jam 21.09 WIB


Sumber gambar 



Cc @Rezky Firmansyah,  #30DWC #30DWCJilid3 #30DaysWritingChallnge #Day2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...