Minggu, 03 April 2016

Tips Belajar dan Latihan Seni Beladiri #94


Apakah kamu ingin belajar beladiri, tapi kamu lagi bingung memilih jenis beladirinya? Atau kamu ingin anakmu belajar beladiri, tapi tak tau beladiri mana yang cocok bagi anakmu? Yups, hari ini saya akan share/berbagi dan sedikit cerita pengalaman saya belajar dan latihan olahraga seni beladiri.


Menurut saya seni beladiri adalah olahraga yang sangat komplit/lengkap, tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Seni beladiri juga membuat orang yang mempelajarinya menjadi lebih percaya diri dan juga berani. Seni beladiri juga mengajarkan banyak hal positif dalam pengajarannya, misalnya tentang keberanian, ketekunan, semangat, pantang menyerah, disiplin, sopan-santun dll.


Kalau kamu ingin belajar olahraga seni beladiri, ada baiknya jangan asal belajar dan latihan saja. Pilihlah seni beladiri yang cocok dengan karakter dan kepribadian kamu. Karena setiap manusia mempunyai karakter/kepribadian yang berbeda-beda.


Jika kamu orangnya aktif dan suka dengan prestasi, maka pilihlah jenis beladiri keras yang sering mengadakan pertandingan kontak fisik. Contohnya adalah beladiri tinju, karate, kempo, judo, taekwondo, hapkido, wushu, pencak silat, tarung derajat, muay thai, gulat,brazilian jiujitsu(gracie jiujitsu), jeet kune do, wing chun dll.


Tapi jika kamu mempunyai karakter yang pasif/pendiam dan tak suka dengan kekerasan, maka pilihlah jenis beladiri yang lembut dan tak mengadakan pertandingan kontak fisik. Contohnya adalah beladiri aikido, taichi, ameng timbangan, dan beladiri tenaga dalam (satria nusantara, tetada kalimasada, silat tauhid dll).


Untuk kamu ketahui, bahwa di dunia ini tak ada seni beladiri yang “terbaik”.  Ingatlah, setiap beladiri itu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau ada beladiri yang hebat dalam pukulan(contohnya tinju), beladiri itu lemah dalam tendangan. Begitupun juga sebaliknya, kalau beladiri itu hebat dalam tendangan(contohnya taekwondo), beladiri itu lemah dalam pukulan.


Maka mulai hari ini, berhentilah mencari-cari beladiri yang terbaik, karena sampai kapanpun juga, bahkan sampai umurmu habis, beladiri itu tak akan akan kamu temukan. Daripada kamu pusing-pusing terus mencarinya, lebih baik waktumu kamu gunakan untuk belajar dan latihan beladiri yang sesuai dengan karakter/kepribadian kamu. Kemudian kamu harus “fokus” mempelajari beladiri tersebut sampai kamu benar-benar ahli. Janganlah sampai kamu gonta-ganti latihan jenis beladiri, karena itu tak akan membuatmu jadi ahli beladiri.


Fokuslah belajar dan latihan satu jenis beladiri dulu, sampai kamu benar-benar menguasainya(baca :ahli). Kalau kamu sudah ahli (baca : sampai sabuk hitam), kamu boleh mencoba latihan jenis beladiri yang lainnya. Dan kalau kamu ingin cepat menguasai suatu jenis beladiri, maka kamu harus lakukan 3 hal berikut ini. Yaitu #1. Rajin latihan, #2. Semangat latihan, #3. Disiplin latihan.


Ingatlah, orang bisa itu karena terbiasa, maka biasakalah latihan beladiri setiap hari. Latihan setiap hari bersama teman-teman kamu dan juga pelatih/Guru kamu. Percayalah, suatu hari nanti kamu pasti akan menjadi ahli dalam beladiri tersebut.


*Selamat latihan beladiri....... :-)



Purbalingga, Minggu 03 Maret 2016, Jam 21.55 WIB  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...