Selasa, 26 April 2016

Mitos Membaca Buku (Hari ke #9 - #40DWC) - #117


Setelah hari kemarin saya menulis tentang “mitos menulis”, di hari ini saya akan menulis tentang “mitos membaca buku”. Yaitu mitos atau cerita yang tidak benar tentang membaca buku. Yups, mitos/cerita yang keliru dan salah tentang membaca buku, tapi terkadang masih di anggap benar oleh banyak orang. Apa saja mitos membaca buku tersebut? Silakan baca tulisan ini dulu sampai selesai ya.....


Banyak mitos yang beredar selama ini, dan itu juga masih banyak yang percaya saja. Padahal yang namanya mitos itu belum tentu juga benar(banyak salahnya). Begitupun juga tentang “mitos membaca buku” yang kelihatanya benar, tapi sebenarnya itu keliru dan salah banget. Maka nya hari ini, saya akan share/bagikan 3 mitos membaca buku yang sering di sebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab (baca : orang2 yang gak suka membaca buku).


Ini lah 3 “Mitos Membaca Buku” tersebut :   


#1. Membaca Buku itu Hanya Buang-Buang Waktu Saja

Membaca buku itu hanya buang-buang waktu saja? Masa sih? Menurut pendapat saya, justru orang-orang yang gemar membaca buku itu adalah orang yang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik dan bijaksana. Karena dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru dan juga “mind set” atau pola/cara berpikir kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Tapi ingat, tidak semua buku itu harus kamu beli dan baca. Pilihlah hanya buku-buku yang bermutu/berkualitas dan juga bermanfaat untuk kehidupan kamu. Bacalah buku-buku yang bisa menginspirasi dan juga bisa memotivasi hidup kamu. Contohnya adalah buku-buku pengembangan diri/motivasi, buku cerita-cerita inspiratif, buku biografi orang sukses, buku bisnis/penjualan, buku humor, buku/novel best seller dll.  



#2. Membaca Buku itu Bikin Mata Mengantuk

Taukah kamu? kenapa orang yang setelah membaca buku, mata jadi mengantuk?  Menurut pengalaman saya dalam membaca buku, orang jadi mengantuk saat/setelah membaca buku, itu di sebabkan mereka membaca buku bukan karena kemauan mereka sendiri. Mereka membaca buku itu karena di suruh orang lain atau membacanya karena terpaksa.


Atau bisa juga karena mereka membaca buku tersebut, bukan jenis buku yang di sukainya. Kalau kamu membaca buku bukan jenis buku yang kamu sukai, maka otomatis kamu membacanya jadi malas/kurang semangat, dan itu jelas akan membuat mata kamu jadi mengantuk. Oleh karena itu, bacalah buku-buku dari jenis buku yang kamu sukai, bacalah buku saat tubuh kamu lagi bugar(jangan baca buku saat kamu lelah), bacalah buku di tempat yang terang(jangan baca buku yang kurang cahaya/gelap), bacalah buku sambil duduk(jangan baca buku sambil tiduran) dll.  



#3. Membaca Buku itu Membuat Mata Cepat Rusak (pakai kaca mata)

Kata banyak orang, kalau kamu sering membaca buku, maka mata kamu akan cepat rusak alias pakai kaca mata. Menurut saya sih, tidak semua orang yang suka membaca buku, maka dia akan cepat memakai kaca mata(kaca mata baca). Buktinya saya suka banget membaca buku, tapi sampai hari ini, mata saya baik-baik saja (baca : tidak pakai kaca mata).


Menurut saya, orang-orang yang gemar membaca buku dan dia sekarang jadi pakai kaca mata. Di karenakan oleh kebiasaan buruk mereka saat membaca buku. Apa saja kebiasaan buruk saat mereka membaca buku tersebut? Contohnya adalah membaca buku terlalu dekat jaraknya(jarak mata dengan buku), membaca buku di tempat yang kurang cahaya(ruangannya gelap), membaca buku sambil tiduran(posisi berbaring ataupun tengkurap) dll.




*Ubahlah kebiasaan buruk mu dalam membaca buku, dan mulai sekarang juga, bacalah bukumu dengan cara yang benar dan baik.


**Selamat membaca buku......



Purbalingga, 26 April 2016, Jam 23.48 WIB 


*Sumber gambar => http://www.slideshare.net/ulya_khana/ppt-bimbingan-kelompok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...