Minggu, 17 April 2016

Jangan Menulis! #108


Loh gimana sih mas? Kok saya disuruh “jangan menulis”, katanya kalau ingin jadi penulis harus rajin menulis? Dan juga harus menulis setiap hari, biar nantinya jadi terbiasa menulis. Tapi sekarang kok malah disuruh “jangan menulis”. Apa sih maksudnya? Tolong dong jelaskan maksudnya, “jangan menulis”.


Sebelum saya menjelaskan maksud kata “jangan menulis”, ada baiknya kamu dengarkan kata saya ini dulu. Ya betul banget apa yang kamu ucapkan diatas tadi, kalau kamu mau jadi penulis memang harus rajin menulis setiap hari. Dan harus berani mulai PRAKTIK MENULIS sekarang juga. Karena kalau kamu cuma membaca buku saja dan membaca terus, kapan kamu mulai praktik menulisnya?


Membaca buku memang penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan otak kamu. Agar nanti kamu dalam menulis, kamu sudah mempunyai banyak ide tulisan dan juga agar kamu nanti menjadi lebih mudah menulisnya. Tapi jika kamu terlalu sibuk dengan membaca buku terus, sampai-sampai kamu lupa untuk MULAI praktik menulis. Maka sampai kapanpun juga kamu tak akan mungkin jadi seorang penulis.


Kalau kamu hanya sibuk membaca buku, maka kamu hanya akan jadi seorang PEMBACA saja, bukan penulis. Dan yang namanya PENULIS, ya kerjaannya MENULIS. Kalau gak menulis, ya bukan penulis. Penulis itu sebaiknya menulis setiap hari, menulis apa yang kamu pikirkan dan menulis apa yang kamu rasakan saat ini.   *Kalau kamu malas menulis, ya jangan jadi penulis.......hehehe.....gitu aja kok repot...hahahahaaaa..... :-)


Kembali ke paragraf pertama di atas, kenapa saya melarang kamu untuk  “jangan menulis”  Maksud saya adalah kamu jangan menulis, pada saat keadaanmu sedang “tidak tepat” untuk menulis. Karena kalau kamu memaksakan diri untuk menulis pada saat itu, maka tulisanmu akan “janggal” dan tidak enak dibaca.


Tidak tepat untuk menulis itu pada keadaan apa saja? Kalau menurut pengalaman menulis saya, ada 3 keadaan tidak tepat untuk menulis. Apa saja keadaan tersebut? Yuk kita bahas satu persatu dibawah ini :


#1. Kamu Sedang Kelaparan (baca : perut kosong belum makan)


#2. Kamu Lagi Kelelahan/Kecapean (baca : capai badan dan pikiran)


#3. Kamu sudah mengantuk (baca : mata sudah mengantuk dan ingin tidur)


*Dan karena sekarang mata saya sudah MENGANTUK.....maka besok saja ya, saya lanjutkan menulisnya .......hehehe.....zzzzzzzzzzzzz.......



Purbalingga, Minggu 17 april 2016, Jam 23.05 WIB 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...