Jumat, 01 April 2016

Belajar Kehidupan dari Komik Kung Fu Boy #92


Waktu saya kecil dulu , saya suka banget baca manga/komik jepang tentang beladiri. Untuk kamu ketahui, saya memang sangat suka banget dengan yang namanya seni beladiri, maka nya komik-komik saya kebanyakan tentang beladiri. Manga/komik jepang beladiri pertama kali yang saya baca adalah komik KUNGFU BOY, karangan Takeshi Maekawa.


Komik Kungfu Boy ini diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo sebanyak 37 jilid/selesai. Tapi kemudian ada kelanjutannya, yaitu New KungFu Boy 20 jilid dan Kungfu Boy Legends 13 jilid.


Saya paling suka baca komik Kungfu Boy yang edisi pertama 37 jilid. Di komik Kungfu Boy ini diceritakan kisah si kungfu boy alias CHINMI dari yang belum bisa Kungfu sampai jadi ahli kungfu dari kuil Dairin. Kisahnya sungguh sangat bagus, karena banyak pelajaran hidup yang berharga yang saya dapatkan dari perjalanan Chinmi dalam mempelajari Kungfu.


Chinmi bertemu banyak Guru yang mengajarinya belajar kungfu, dan Guru Yosen adalah Guru yang sangat berpengaruh dalam kehdupan kungfu chinmi. Dari Guru Yosen lah, Chinmi belajar tentang arti  “pertarungan yang sebenarnya” yaitu pertarungan yang bukan seperti di tempat latihan. Dari Guru Yosen juga Chinmi belajar jurus "Kungfu Peremuk Tulang." 


Oh ya, Chinmi juga mempunyai sahabat seekor monyet yang lucu(namanya Go Kong/Go Ku), monyet inilah yang selalu menemani perjalanan Chinmi dalam mempelajari berbagai jurus kungfu. Dari perjalanan inilah banyak kisah yang sangat bagus yang bisa kita ambil pelajarannya. Terutama tentang karakter Chinmi yang humoris, suka menolong, tak pernah putus asa dalam berlatih kungfu dan juga pantang menyerah dalam menghadapi musuh-musuhnya. 


Di dalam komik kungfu boy ini juga akan banyak kamu temukan kata-kata bijak yang sungguh inspiratif dan mencerahkan. Inilah salah satu kata bijak yang akan kamu temukan dalam komik kungfu boy :


#1. “Yang mengetahui dikalahkan oleh yang menyukai. Yang menyukai dikalahkan oleh yang menghayati. Sesuatu hal yang mengetahui, hal itu tidak dapat mengungguli yang menyenangi. Sedangkan sesuatu hal yang menyenangi, tak dapat mengungguli yang menghayati.”

Maksudnya begini : Walaupun seorang manusia mengetahui sesuatu, dia tidak dapat melebihi orang yang menyenangi akan hal tersebut. Sedangkan orang yang menyenangi hal tersebut, dia juga tidak dapat melebihi orang yang menghayati hal tersebut.

Nah begitu pula Kungfu, semua hal juga begitu. Semua hal akan berubah maju, jika dinikmati.


#2. "Latihan itu seperti mengasah pedang. Pedang semakin tajam, maka semakin bagus. Tapi pedang yang tajam memerlukan gagang. Kalau kamu pegang pedang yang tajam tanpa gagang, maka kamu sendiri bisa jadi yang akan terluka."


Artinya adalah Ilmu akan semakin meningkat jika diasah sedemikian rupa dan terus menerus. Namun semakin tajam ilmunya/hebat, ia dapat melukai pemiliknya. Maksudnya adalah semakin tinggi ilmu seseorang, maka sifat kesombongan/takabur akan menghampirinya dan malah bisa mencelakai dirinya sendiri. Oleh karena itu diperlukan "gagang" yaitu hati yang lapang dan kasih. 

Setajam-tajamnya suatu pedang, tapi jika tak memiliki gagang yang lembut, kesat, dan nyaman, maka pedang itu tak ada gunanya. Kesimpulannya adalah semua ilmu itu harus didasarkan pada kasih dan hati yang damai, jika tak demikian, maka celakalah dirinya. Ingatlah, orang yang memiliki pedang, harus juga memiliki gagangnya. 



*Menulis artikel tentang komik kungfu boy di blog ini, saya jadi kangen membaca komiknya lagi. Dulu karena sangat suka komik tersebut, saya sempat membuat blog komik kungfu boy, tujuannya biar lebih banyak orang yang baca komik Kungfu Boy. Waktu itu niatnya mau buat sampai tammat/jilid 37. Tapi belum kesampaian, karena waktu itu lagi banyak kerjaan...*alasan....**sebenarnya sih lagi malas aja.....hahahaa :-P

Silakan baca komik Kungfu Boy, dalam blog yang saya buat ini  => http://bacamangakaizen.blogspot.co.id/2013/04/kungfu-boy-01-10_1856.html#.Vv6Ve_mLTIV



*Selamat membaca...... :-)




*Link yang wajib kamu kunjungi :




Tonton film/anime Kungfu Boy => https://www.youtube.com/watch?v=Ln9PGY3-N2Q





Purbalingga, Jumat 01 April 2016, Jam 21.50 WIB 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...