Sabtu, 05 Maret 2016

Tips Gowes di Hari Minggu Pagi (Hari ke #20 - #30DWC Jilid 2) - #65


Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rajin berolahraga. Oleh karena itu , kalau kamu ingin mempunyai tubuh yang sehat dan bugar, maka kamu harus rajin berolahraga. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kesukaanmu, pilih olahraga yang bisa membuat kamu senang dan bahagia.


Janganlah kamu berolahraga karena terpaksa ataupun cuma karena ikut-ikutan temanmu saja. Berolahragalah dengan disiplin dan juga dengan hati yang penuh semangat. Saran saya, berolahragalah bersama teman-teman kamu, karena berolahraga bersama itu akan membuat kamu lebih bersemangat dan juga sangat menyenangkan.


Kalau saya, saat ini lagi senang banget olahraga gowes(baca : bersepeda). Hampir setiap sore hari saya selalu gowes(kalau gak hujan), dan gowes yang wajib bagi saya adalah dihari minggu pagi. Kenapa wajib? Karena berolahraga gowes dihari minggu pagi sangat mengasyikkan dan seru banget.


Banyak teman-teman saya yang juga ikut gowes bersama dihari minggu pagi, rute gowesnya setiap minggu selalu berbeda-beda. Paling asyik kalau gowesnya ke desa-desa melihat pemandangan alam yang masih hijau dan sejuk. Selain membuat tubuh saya menjadi sehat, olahraga gowes juga membuat hati saya sangat bahagia.


Hari ini, saya akan memberikan tips praktis untuk berolahraga gowes/bersepeda di hari minggu pagi. Tips ini bukanlah dari membaca buku atau dari copas artikel di rumahnya Mbah Google. Tips gowes ini adalah hasil pengalaman saya sendiri selama berolahraga gowes. Jadi tips ini pasti sangat berguna untuk kamu-kamu yang ingin mencoba olahraga gowes di hari minggu pagi.


Oke, tanpa panjang kali lebar sama dengan luas, inilah tipsnya. Cekidoootttt.......


#1. Niat dan Tujuan

Dalam hal apapun juga ,yang paling penting adalah NIAT, karena dari niatlah akan kelihatan bahwa kamu itu sungguh-sungguh atau cuma ikut-ikutan doang. Begitupun juga saat kamu gowes dihari minggu pagi, kamu harus punya niat yang kuat. Agar kamu nanti gowesnya tidak malas-malasan dan juga agar kamu tetap semangat dalam bergowes.


Selain niat, saat kamu gowes, kamu juga harus punya TUJUAN mau kemana gowesnya. Jangan gowes asal gowes tidak ada tujuan, karena itu hanya akan membuat kamu kecewa dan kamu cuma dapat kelelahan saja. Tentukanlah rute tujuan dalam bergowes, karena dengan adanya tujuan. Maka gowesnya akan terasa mengasyikkan dan juga lebih semangat genjot sepedanya.


#2. Persiapan Fisik dan Teknis

Dalam olahraga gowes minggu pagi, PERSIAPAN FISIK itu sangat penting sekali. Kenapa penting? Karena olahraga gowes itu membutuhkan tenaga yang full, biar nanti saat gowes tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, contohnya kelelahan yang berlebihan sampai kamu pingsan.


Agar kamu gowesnya aman dan nyaman, maka persiapan fisik itu mutlak harus kamu lakukan.Apa saja persiapan fisiknya?  Pada hari sabtu malamnya, kamu harus tidur gasik. Maksimal jam 10 malam sudah tidur. Jangan suka begadang saat kamu besoknya mau gowes, karena itu akan membuat kamu bangun kesiangan dan juga membuat tubuh kamu gampang lelah. Tidur awal/gasik itu akan membuat tubuh kamu beristirahat dengan nyaman, dan ke esokan paginya kamu bisa bangun dengan gasik dan saat gowes tenaga kamu lebih kuat dan jos.


Sebelum kamu gowes(pagi harinya), sebaiknya makan pagi/sarapan terlebih dulu. Tapi tak usah banyak-banyak makannya. Jangan lupa minum air bening yang banyak. Karena kalau kamu tidak minum air bening, nanti saat gowes, kamu bisa dehidrasi alias kekurangan cairan. Oh ya, saat nanti gowes, kamu juga harus bawa air minum, paling bagus itu bawalah air bening. 


Kalau PERSIAPAN TEKNIS, contohnya  adalah persiapkan sepedamu di sore/malam hari(hari sabtu). Agar nanti dipagi hari minggu, kamu tidak gugup/terburu-buru saat berangkatnya. Apa saja yang dicek pada sepedamu? Yang paling penting adalah cek ban sepedamu, cek rem sepedamu, cek rantai sepedamu dll. Oh ya, persiapkan juga alat-alat penunjang gowes, contohnya jersey(baju dan celana gowes), helm sepeda, sarung tangan, kacamata gowes, sepatu dan kaos kakinya.  *jangan lupa siapkan juga uang saku dalam dompet


#3. Menikmati Proses Gowes

Nah inilah yang paling penting saat gowes di hari minggu pagi, yaitu MENIKMATI proses gowesnya. Menikmati setiap perjalanan saat gowes. Menikmati saat gowes dijalan datar, menanjak ataupun menurun. Menikmati gowes dijalan raya/aspal ataupun dijalan tanah, dan juga menikmati pemandangan alam yang indah saat gowes.


Saran saya, gowes dihari minggu tidak perlu balapan/kebut-kebutan. Karena tidak ada gunanya gowes dengan kebut-kebutan, kan tidak ada juaranya juga. Ngapain balapan/kebut-kebutan, cuma bikin kamu cepat lelah saja. Gowesnya secara santai saja, yang paling penting itu adalah kebersamaan bersama teman-teman. Misalnya kalau melewati pemandangan yang indah, bisa berhenti sebentar, untuk foto-foto atau mem-videokan moment tersebut. Kalau capai, bisa istirahat dulu sebentar, kemudian dilanjutkan lagi gowesnya.



Baca juga tulisan tentang gowes/bersepeda yang lainnya : 


#1. 7 Tips Gowes/Bersepeda Untuk Pemula 

=> http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2016/01/7-tips-gowes-bersepeda-untuk-pemula.html



#2. 7 Mentak Block Olahraga Bersepeda/Gowes 

=> http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2016/01/7-mental-block-olahraga-bersepedagowes.html


#3. Hujan di Hari Minggu Pagi 

=> http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2016/02/hujan-di-minggu-pagi-hari-38.html


#4. Gowes ke Desa Wisata di Purbalingga 

=> http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2016/02/gowes-ke-desa-wisata-di-purbalingga-41.html



*Salam gowes, sehat, asyik dan bahagia .....



Link yang wajib kamu kunjungi :


#2. Komunitas Sepeda Purbalingga Khusus Wanita => https://www.facebook.com/groups/lcccyclistcommunity/

#3. Komunitas Sepeda MTB Purbalingga => https://www.facebook.com/groups/tuntunbaecommunity/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...