Selasa, 16 Februari 2016

Paling Gampang Memang Menyalahkan Orang Lain (Hari ke #2 - #30DWC jilid 2) #47


Tidak ada satu orangpun didunia ini yang senang ketika disalahkan, bahkan ketika orang itu benar-benar terbukti salah, dia masih saja membela diri dengan “mencari kambing hitam” alias mencari orang lain untuk disalahkan. Menyalahkan orang lain memang pekerjaan paling gampang ketika kita dalam suatu masalah. Sebenarnya, penyebab masalah yang menimpa diri kita adalah diri kita sendiri, tapi seringnya kita malah menyalahkan orang lain.


Taukah kamu, bahwa kalau kamu terlalu sering menyalahkan orang lain. Maka hidup kamu akan sulit untuk berkembang(baca : sukses). Karena karakter orang yang sukses adalah dia tidak suka menyalahkan orang lain. Orang yang sukses ketika dia sedang ada masalah/berbuat kesalahan, maka dia akan cepat introspeksi diri dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Sebaliknya, orang-orang yang gagal(baca : pengecut), mereka suka sekali menyalahkan orang lain, ketika mereka sedang ada masalah.


Terlalu sering menyalahkan orang lain itu hanya menandakan bahwa kamu adalah seorang yang tidak bertanggung jawab. Orang yang tidak bertangung jawab itu sama dengan seorang pengecut yang tidak berani mengakui kesalahannya sendiri. Jika kamu memang berbuat salah kepada seseorang, sebaiknya segeralah meminta maaf kepada orang tersebut. Yaitu meminta maaf dengan tulus dan ikhlas.   


Menyalahkan orang lain tidaklah otomatis akan membuat kamu menjadi benar. Menyalahkan orang lain itu justru menandakan bahwa kamu itu sedang “mencari pembenaran diri sendiri”. Ingatlah, semakin kamu mencari-cari kesalahan orang lain, maka kebenaran yang kamu cari tidak akan kamu temukan. Kebenaran tidak bisa dicari dengan menyalahkan orang lain, kebenaran hanya akan muncul , ketika kamu bisa menerima perbedaan dengan hati yang lapang dan ikhlas.
*Oke, mulai hari ini berhentilah menyalahkan orang lain dan belajarlah menerima perbedaan dengan hati yang ikhlas.



Penulis : Dani Kaizen – https://www.inspirasi.co/DaniKaizen


Purbalingga, Selasa 16 Februari 2016, Jam 23.18 WIB 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...