Jumat, 05 Februari 2016

Menerima Rasa Bosan Menulis #36


“Emang gak bosan ya mas, setiap hari menulis diblog?”  begitulah pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh teman saya. Untuk kamu ketahui, saat ini saya memang sedang menantang diri sendiri untuk konsisten menulis setiap hari diblog ini. Tulisannnya memang bukan tentang sesuatu yang “wah” dan luar biasa. Tapi tulisan-tulisan saya hanyalah hal-hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan saya, yaitu tentang sesuatu yang sudah pernah saya alami. Ada juga sih banyak tulisan-tulisan saya hasil dari “mengikat makna” dari kegiatan saya membaca buku.


Balik lagi kepertanyaan diatas, “emang gak bosan ya mas, setiap hari menulis diblog?”  Kalau jawaban jujur dari saya, ya jelas pasti ada rasa bosan, karena namanya juga rutinitas. Sudah menjadi hukum alam, apapun yang selalu dikerjakan setiap hari/rutinitas, pasti lama-kelamaan akan mengalami titik jenuh alias bosan. Dan sangat manusiawi banget kalau saya juga pasti pernah merasa bosan dalam menulis. Tapi karena saya sudah punya “niat yang kuat” untuk menulis setiap hari, rasa bosan menulis bisa segera saya atasi. Bagaimana cara mengatasinya?


Sebenarnya mudah cara mengatasi rasa bosan menulis, yaitu yang pertama harus kamu lakukan adalah “terimalah rasa bosan menulis tersebut”. Jangan pernah melawan rasa bosan menulis, karena semakin kamu lawan, maka kamu malah semakin malas untuk menulis lagi. Biarkan saja rasa bosan itu hadir dalam hatimu, nikmati saja rasanya, walaupun terasa tidak enak dihati, tapi nikmati saja.


Kemudian yang kedua adalah “ambil jeda”(baca : waktu tidak menulis) dengan membaca buku-buku tentang tips menulis atau buku-buku cerita inspiratif. Kalau kamu suka menonton film, silakan tonton dulu film-film yang paling kamu suka. Dan kalau kamu suka melihat pemandangan alam, maka segera keluarlah dari kamar tidurmu, dan ajak teman-teman kamu untuk piknik bersama menikmati keindahan alam bersama kamu.  

*kalau saya biasanya piknik sambil gowes/bersepeda bersama teman-teman.......


Setelah kamu melakukan hal-hal diatas yang tadi saya sebutkan (membaca buku, menonton film , piknik), biasanya pikiran kamu akan menjadi fresh lagi dan hati kamu merasakan gembira dan bahagia. Kalau pikiran sudah fresh, maka otomatis banyak ide tulisan yang hadir dipikiranmu dan harus segera kamu eksekusi/tuliskan. Dan jika hati kamu sudah merasakan gembira dan bahagia, maka semangat menulis kamu menjadi bergairah lagi.



*Selamat Menulis Lagi!


Penulis : Dani Kaizen - https://www.inspirasi.co/DaniKaizen


Purbalingga, Jum’at 05 Februari 2016, Jam 23.35 WIB  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...