Senin, 16 November 2015

Cara Mudah Menjadi Penulis (#30DWC - Hari ke #27)


Menjadi penulis itu sulit, kalau kamu tak tau ilmunya/caranya. Tapi kalau kamu sudah tau ilmunya/caranya, maka menjadi penulis itu akan menjadi mudah. Bagaimana caranya menjadi seorang penulis? Atau minimal menjadi penulis yang lebih baik dari waktu ke waktu?

Menurut pengalaman saya dalam dunia tulis-menulis, ada 3(tiga) hal penting yang harus kamu ketahui untuk menjadi penulis yang lebih baik. Maksudnya lebih baik adalah tulisan kamu dari hari ke hari menjadi semakin bagus dan juga nikmat dibaca oleh pembacanya.


Inilah 3(tiga) hal penting tersebut :

#1. Menulislah Sekarang Juga!

Kalau ingin menjadi penulis, ya menulis saja sekarang juga. Tidak usah takut tulisanmu nanti jelek , tidak usah khawatir tulisanmu nanti dikritik. Dan kamu tidak usah sampai putus asa/menyerah berhenti menulis, kalau nanti tulisanmu tidak ada yang membaca, atau tidak ada yang suka/like dan komentar.

Menulis ya menulis saja, tidak usah ketakutan dan khawatir. Dan juga tidak perlu pusing memikirkan "tata bahasa" kamu yang masih kacau. Menulislah secara bebas dan dengan hati yang bahagia. Percayalah, kalau kamu terus praktek menulis, lama kelamaan nanti juga tulisanmu akan semakin bagus dan enak dibaca.


#2. Banyak-Banyaklah Membaca Buku

Apakah kamu sekarang sedang mengalami hal-hal berikut ini? Mau menulis, tapi rasanya malas banget menulis? Mau menulis, tapi bingung mau menulis apa? Tidak punya ide tulisan? Atau malah saat ini kamu sudah didepan komputer/laptop kamu, tapi masih juga gak menulis-menulis??


Sebenarnya solusinya mudah banget kalau kamu sedang mengalami hal-hal diatas yang sudah saya tulis tadi. Solusinya adalah “banyak-banyaklah membaca buku”. Tapi ingat ya, tidak semua buku harus kamu baca. Bacalah hanya buku-buku yang berkualitas dan inspiratif saja. Karena dengan banyak membaca buku, maka otak/pikiran kamu menjadi lebih terbuka/open mind. Dan kamu juga akan mendapatkan banyak “ide tulisan” yang akan kamu tulis nanti.


#3. Menulislah Setiap Hari

Setelah kamu sudah praktek “menulis sekarang juga”(tidak menunda-nunda menulis) dan kemudian sudah “banyak membaca buku”(membaca buku-buku yang berkualitas). Maka sekarang saatnya kamu “menulis setiap hari”. Menulis setiap hari pada awalnya memang akan terasa sulit. Tapi lama –kelamaan kamu akan terbiasa juga. Yang penting menulis saja, menulis terus dan teruslah menulis, jangan banyak alasan dan jangan banyak mengeluh.  *just do it J


Cobalah kamu sekarang untuk “menulis setiap hari”, walaupun tulisanmu hanya satu paragraf saja. Tujuan menulis setiap hari adalah agar kamu menjadi terbiasa menulis. Dan kalau kamu sudah terbiasa menulis. Maka tulisanmu pasti akan semakin “mengalir” indah dan enak dibacanya. Kalau tulisanmu sudah enak dibaca, maka pasti akan banyak orang yang menanti tulisanmu. Tulisanmu nanti akan bisa membuat orang lain/pembacanya ter-inspirasi dan juga termotivasi.


******************************************************


*Apapun yang terjadi dihari ini, tetaplah menulis. Menulis itu bukanlah tujuan, tapi menulis itu adalah “proses” agar kamu menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat.  #SemangatMenulis J


Penulis : Dani Kaizen


Purbalingga, Senin 16 November 2015, Jam  23.32 WIB 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir di blog ini dan telah membaca artikel yang saya tulis diatas. Silahkan tinggalkan jejak kamu di kotak komentar, agar saya juga bisa mampir dan membaca tulisan di blog kamu. (untuk komentar dari blog kesehatan/penjual obat, maka saya anggap SPAM)

*Salam Blogger :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...